Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Terakota, Pasukan Penjaga Akhirat Kaisar Qin Shi Huang dari Zaman China Kuno

Kompas.com - 05/09/2021, 05:58 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Pada 29 Maret 1974, sekelompok petani menggali sumur di ladang, sekitar 20 mil sebelah timur kota Xi'an di provinsi Shaanxi.

Setelah menggali sekian meter, para petani menemukan 3 lubang yang berisi 8.000 patung Tentara Terakota seukuran tubuh manusia asli.

Ada juga kereta, kavaleri, tentara lapis baja dan senjata panah. Ada perwira tinggi, termasuk 9 jenderal yang ditemukan sejauh ini di salah satu lubang.

Lubang itu tampak benar-benar berfungsi sebagai pos komando tentara dan berisi penjaga kehormatan beserta kereta kuda untuk komandan pasukan.

Lubang-lubang itu terletak kurang dari 1 mil ke timur laut dari sebuah makam berbentuk piramida yang dibangun untuk Kaisar Pertama China, Qin Shi Huang (259-210 SM).

Menurut Pusat Warisan Dunia UNESCO, para arkeolog menduga bahwa makam itu mungkin berisi seluruh replika kota Xi'an pada zaman itu, yang dijaga oleh para Tentara Terakota dan untuk melayani Kaisar Qin Shi Huang di akhirat.

Sejarawan percaya bahwa mungkin ada sekitar 700.000 pekerja yang berkerja selama hampir 3 dekade untuk membuat makam Kaisar Qin Shi Huang tersebut.

Baca juga: Kisah Kaisar Qin Shi Huang dan Ramuan Hidup Abadi pada Zaman China Kuno

Fitur wajah Tentara Terakota berbeda

Rincian para Tentara Terkota begitu rumit dan tampak individual, sehingga telah dihipotesiskan bahwa mereka didasarkan pada tentara nyata yang bertugas di pasukan pertahanan Kaisar Qin Shi Huang.

Setiap patung Tentara Terakota memiliki gaya rambut dan fitur yang unik, beberapa memiliki jambul sementara yang lain memiliki janggut, beberapa memiliki topi dan tunik longgar, sementara yang lain memiliki rompi lapis baja dan rambut dikepang.

Mereka memiliki bentuk, ekspresi, dan postur yang berbeda.

Setiap Tentara Terakota ternyata memuat cap nama mandor yang bertanggung jawab atas penciptaan patung tersebut, sehingga kesalahan dapat dilacak, menurut Field Museum.

Baca juga: Mandat dari Surga, Konsep Politik Pemimpin Zaman China Kuno untuk Berkuasa

Selain Tentara Terakota

Sosok terakota non-militer telah ditemukan di lubang lain. Seperti Tentara Terakota, mereka dimaksudkan untuk melayani Qin Shi Huang di akhirat.

Para tokoh terakota non-militer itu di antaranya adalah pegawai negeri sipil terakota, dilengkapi dengan tablet bambu untuk menulis, dan bahkan ada sekelompok akrobat terakota yang dimaksudkan untuk hiburannya di akhirat.

"Menurut cara mereka (akrobat) tampil, kami berspekulasi bahwa mereka bukan asli China tengah, tetapi mungkin berasal dari selatan, mungkin daerah Burma," kata arkeolog Duan Qingbo, yang bertanggung jawab atas penggalian di lubang Tentara Terakota, dalam komentar terjemahan yang muncul di The Independent.

Untuk persiapan akhirat kaisar pertama China ini, benar-benar detail. Dia memiliki pasukan besar dalam formasi militer nyata dan bahkan hiburan yang dibawa dari jauh.

Baca juga: 10 Penemuan Arkeologi Fenomenal dari Zaman China Kuno: Mumi Lady Dai hingga Istana Bawah Tanah Kuil Famen

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com