Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Josef Mengele: Dokter Kepala yang Jadi "Malaikat Maut" Para Tahanan Nazi

Kompas.com - 04/06/2021, 04:52 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Josef Mengele dikenal sebagai "Malaikat Maut", dokter kepala Nazi dari kamp konsentrasi Auschwitz selama Perang Dunia II.

Pada 24 Mei 1943, kamp konsentrasi di Auschwitz, Polandia, menerima seorang dokter pria baru bernama Josef Mengele yang berusia 32 tahun.

Melansir History, Mengele lahir pada 16 Maret 1911 di Bavaria dan bergabung dengan Partai Nazi setelah belajar filsafat di Munich, di mana ia bertemu dengan Alfred Rosenberg.

Ideologi rasial Rosenberg sangat mempengaruhinya untuk bergabung dengan staf peneliti Institut Biologi Keturunan dan Kebersihan Rasial.

Baca juga: Mindu Hornick: Gadis Penyintas dari Kamp Konsentrasi Auschwitz Nazi

Karier Nazi

Pada 1931, pada usia 20 tahun, ia bergabung dengan Stahlhelm organisasi paramiliter. Kemudian, melanjutkannya menjadi Sturmabteilung (SA) pada 1933, dan mengajukan permohonan keanggotaan partai Nazi pada 1937.

Setelah diterima di partai Nazi, ia mengajukan permohonan keanggotaan di SS (Schutzstaffel).

Dia kemudian belajar kedokteran di Universitas Frankfurt, setelah itu dia bergabung dengan Institut Biologi Keturunan dan Kebersihan Rasial pada 1934.

Di sinilah dia mengembangkan studinya dalam antropologi fisik dan genetika.

Baca juga: Perempuan Berdaya: Irena Sendler, Pejuang Kemanusiaan Bawah Tanah di Ghetto Warsawa Nazi

Sebelum kedatangannya di kamp konsentrasi Auschwitz, Mengele telah menerbitkan artikel penting tentang kelainan genetik dan variasi ras dalam fitur utama. Karirnya di dunia akademis itu terlihat cerah.

Ketika perang menghalangi karir akademiknya, dia ditempatkan dengan korps cadangan medis dan unit Waffen SS.

Dia kecewa saat itu dinyatakan tidak layak untuk bertempur, tetapi kemudian ia dipromosikan menjadi kapten, seperti yang dilansir dari Sky History.

Mengele menjabat sebagai petugas medis untuk pasukan elit Nazi (Waffen SS) selama Perang Dunia II, dan diangkat sebagai dokter kepala di kamp konsentrasi Auschwitz, di mana orang-orang Yahudi dipilih baik untuk kerja paksa, dimusnahkan atau menjadi eksperimen medis.

Baca juga: Adolf Eichmann: Perancang Holocaust Nazi yang Tak Pernah Menyesal hingga Akhir Hidupnya

Ketika itu ia mulai dikenal sebagai "Malaikat Maut" yang bertanggung jawab atas sejumlah besar eksperimen medis yang fatal, aneh, dan brutal, yang menewaskan lebih dari 400.000 orang.

"Malaikat Maut" dari kamp konsentrasi Auschwitz itu menyuntik narapidana yang masih hidup dengan tangannya sendiri atau memerintahkan orang lain, dengan kedok untuk pengobatan medis.

Segala rupa ia suntikan kepada mereka, mulai dari bensin hingga kloroform. Dia juga suka mempelajari anak kembar, yang biasanya dengan melakukan tindakan pembedahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com