Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Bantah Rumor Gunakan Kembaran demi Alasan Keamanan

Kompas.com - 28/02/2020, 16:45 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin membantah rumor bahwa dia menggunakan kembaran selama berkuasa dengan alasan keamanan.

Meski begitu, dia mengakui bahwa ide itu sempat mencuat pada 2000-an, di mana Negeri "Beruang Merah" tengah terlibat konflik dengan separatis Chechnya.

Pada saat itu, Putin melakukan beberapa kali kunjungan ke daerah konflik. Namun dilansir BBC Kamis (27/2/2020), dia menolak ide tersebut.

Baca juga: Muncul Kabar Putin Bakal Bantu Kampanyenya, Bernie Sanders: Menjauhlah

Selama bertahun-tahun, mantan agen Dinas Rahasia Uni Soviet (KGB) itu menjadi subyek teori konspirasi, di mana dia menggunakan orang lain dengan alasan keamanan.

Kemudian dalam wawancara dengan kantor berita TASS, si jurnalis yang bernama Andrei Vandenko mengutarakan pertanyaan itu kepada sang presiden.

Vandenko mengatakan, topik mengenai apakah Putin mempunyai "tubuh ganda" maupun "bukti kembaran Putin" sangatlah populer di internet.

"Apakah Anda asli?" tanya Vandenko. Sebagai balasan, Putin menuturkan bahwa dia menyangkal menggunakan tubuh ganda untuk keamanan.

Dia mengemukakan ide tersebut datang di periode 1999-2000, ketika upaya memerangi terorisme "berada di momen yang paling kritis".

Presiden berusia 67 tahun itu mengungkapkan dia mendapat penawaran terus menerus pada saat itu. Tetapi, dia memutuskan menolaknya.

Lebih lanjut, mantan Perdana Menteri Rusia itu bakal meletakkan jabatan pada 2024 mendatang, ketika periode keempatnya berakhir.

Dia menjadi pemimpin terlama dalam sejarah Negeri "Beruang Merah" setelah Joseph Stalin, di mana dia berkuasa hampir dua dekade.

Pada Januari, dia menawarkan perubahan dalam konstitusi ketika memberikan pidato kenegaraan, yang berujung pengunduran diri Perdana Menteri Dmitry Medvedev.

Konsekuensi penuh perubahan tersebut tak diketahui. Meski begitu, banyak analis meyakini Putin masih akan tetap berkuasa dalam bentuk berbeda.

Baca juga: Seperti Jokowi, Putin Juga Pernah Dikomplain karena Dianggap Melanggar Lalu Lintas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com