Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Jadi Presiden, Bernie Sanders Akan Temui Kim Jong Un dan Musuh AS Lainnya

Kompas.com - 24/02/2020, 18:20 WIB
Aditya Jaya Iswara,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

Sumber CNN

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Jika terpilih jadi Presiden Amerika Serikat (AS), Bernie Sanders menyatakan niatnya untuk bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan musuh Negeri 'Uncle Sam' lainnya.

Keinginan itu Sanders ungkapkan dalam program televisi 60 Minutes yang tayang pada Minggu waktu setempat, dilansir CNN (23/2/2020).

"Bertemu dengan orang-orang antagonis, bagiku, bukan sesuatu yang buruk untuk dilakukan. Menurutku, sayangnya (Presiden Donald) Trump bertemu mereka tanpa persiapan, padahal itu adalah kesempatan besar, sejenis upaya diplomatik yang berpeluang sukses," ucap politisi Partai demokrat itu.

Baca juga: Kepala Bappenas Harap Trump Tak Terpilih Lagi, Mengapa?

Sebelumnya Sanders pernah memuji keputusan Trump untuk bertemu dengan Kim Jong-un, tetapi di sisi lain ia juga mengkritisi kebijakan luar negeri sang presiden.

Berulang kali Sanders berargumen bahwa aksi militer adalah upaya terakhir. Contohnya, belum lama ini dia menginisiasi pembekuan dana untuk setiap aksi militer di Iran, walau tanpa persetujuan langsung dari kongres.

Saat diwawancarai Anderson Cooper, Sanders ikut berbicara tentang situasi-situasi apa saja yang harus memakai kekuatan militer.

Dia menuturkan, kekuatan militer AS baru akan digerakkan jika ancaman ke Negeri 'Uncle Sam' dan sekutunya datang dari seluruh dunia.

Baca juga: Kim Jong Un Habiskan Rp 6,8 Miliar demi Kuda Jantan Putih Asli Rusia

Sander kemudian ditanyai, bagaimana reaksinya kalau China mengambil tindakan militer ke Taiwan. Dia menjawab, dia akan membantu Taiwan karena ada "ikatan aliansi" dengan negara itu.

"Maksudku, kita harus membedakan secara jelas negara-negara mana saja di dunia ini yang kita tidak bisa berdiam diri dan harus ambil tindakan kalau terjadi invasi militer," ucap Sanders.

Bernie Sanders yang merupakan senator negara bagian Vermont, baru-baru ini mengukuhkan statusnya sebagai kandidat terdepan dalam pemilu AS, menyusul kemenangannya di kaukus Nevada.

Baca juga: Menang Kaukus Nevada, Bernie Sanders Semakin Tidak Terbendung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com