Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Nevada, Wanita Bertelanjang Dada Ganggu Kampanye Bernie Sanders

Kompas.com - 17/02/2020, 21:55 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

CARSON CITY, KOMPAS.com - Kampanye calon presiden dari Partai Demokrat, Bernie Sanders, di Nevada sempat diganggu wanita bertelanjang dada.

Insiden itu terjadi di Carson City, beberapa saat setelah Wali Kota New York Bill del Blasio memperkenalkan Sanders, dilaporkan New York Post Minggu (16/2/2020).

Semua berawal ketika De Blasio mengenalkan Bernie Sanders sebagai "Presiden AS selanjutnya", dengan dia masuk diiringi lagu Power to the People.

Baca juga: Suarakan Protes, Penyanyi Chile Ini Telanjang Dada Saat Terima Penghargaan

Ketika Senator Vermont itu sudah berdiri di podium, seorang perempuan berbaju hitam kemudian muncul ke panggung dan mencoba meraih mikrofonnya.

Tatkala Sanders menolak memberikannya, wanita itu merah mik satu lagi dan mulai mengomentari dukungan sang capres bagi petani susu.

"Bernie, saya adalah pendukung terbesarmu. Saya di sini untuk memintamu mengakhiri dukungan terhadap produk olahan susu," ujar perempuan itu.

Dia juga menyerukan agar Sanders berhenti mendukung sektor peternakan. "Saya percaya kepadamu...," katanya sebelum mikrofon kemudian mati.

Sanders hanya diam dan mulai berjalan ke ujung panggung. Pada saat itulah, teman-temannya yang lain mulai melepas pakaian dan bertelanjang dada.

Mereka segera maju, di mana dua di antaranya menyiramkan cairan berwarna merah ke tubuh mereka, dan ada yang membentangkan spanduk protes.

Sanders segera turun ke bawah dengan aksi yang tak terduga tersebut. Meski begitu, pendukungnya tetap meneriakkan "Bernie! Bernie!"

Baca juga: Menangkan Primary New Hampshire, Bernie Sanders Pertegas Status Unggulan

"Ini adalah Nevada. Tentu ada sedikit kegairahan di sini. Kecuali jika kita mempunyai banyak air di panggung ini," kelakarnya saat kembali ke panggung.

Aksi protes itu terjadi setelah Bernie Sanders mendukung UU 2018 yang menyediakan bantuan darurat bagi peternak setelah harga susu jatuh.

Ini bukan kali pertama kampanye Sanders diganggu oleh wanita bertelanjang dada. Di Arizona pada Maret 2016, seorang perempuan muncul membawa tulisan "Stop Fasisme".

Adapun De Blasio mengumumkan dukungannya terhadap Sanders, setelah sebelumnya dia juga menyuarakan dukungan bagi Hillary Clinton di 2016.

Bernie Sanders tengah berada di atas angin setelah dalam primary New Hampshire pekan lalu, dia keluar sebagai pemenang.

Dia unggul dari mantan Wali Kota South Bend, Pete Buttigieg, dengan 25,6 persen. Sementara Buttigieg mengumpulkan 24,3 persen.

Baca juga: Kota Roma Larang Turis Bertelanjang Dada dan Makan Berceceran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com