Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menangkan Primary New Hampshire, Bernie Sanders Pertegas Status Unggulan

Kompas.com - 12/02/2020, 18:58 WIB
Ericssen,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

MANCHESTER, KOMPAS.com – Bakal calon presiden (bacapres) Partai Demokrat, Bernie Sanders mempertegas status unggulan sebagai penantang Presiden Donald Trump.

Status tersebut dia dapatkan setelah meraih kemenangan krusial di primary (pemilihan pendahuluan) New Hampshire.

Dari hampir 90 persen jumlah suara yang sudah dihitung, Sanders unggul tipis dengan 25.87 persen. Pesaing terdekatnya mantan Wali Kota South Bend Pete Buttigieg terpaut 1.7 persen.

Baca juga: Bernie Sanders Unggul Sementara di Primary New Hampshire

Senator Minnesota Amy Klobuchar bertengger di urutan ketiga dengan 19.83 persen. Sanders dan Buttigieg masing-masing meraih sembilan delegasi sedangkan Klobuchar enam delegasi.

“Kemenangan ini adalah awal dari akhir kepresidenan Donald Trump.” ucap Sanders di pidato kemenangannya, Selasa malam (11/2/2020) waktu setempat.

Kemenangan Sanders memang sudah diduga. Senator Vermont ini konsisten memimpin jajak pendapat di New Hampshire. Dia juga memenangkan primary New Hampshire pada Pilpres AS 2016.

Hasil menggembirakan ini melanjutkan momentum politik yang diraihnya setelah kekalahan tipis di Kaukus Iowa pekan lalu.

Walau jalan menuju nominasi partai masih panjang, Sanders diprediksi akan melanjutkan hasil baiknya menuju negara bagian lainnya terutama dengan dukungan kuat dari pemilih akar rumput berusia muda yang setia sejak 2016.

Posisi senator berideologi politik sosialisme demokratik ini semakin diuntungkan oleh dua hal, yaitu terpecehnya suara bakal capres moderat dan hasil buruk yang diraih Senator Massachusetts Elizabeth Warren yang seideologi politik dengannya.

Baca juga: Maju Pilpres AS, Bernie Sanders Raup Dana Rp 82 Miliar dalam 24 Jam

Terpecahnya suara bakal capres moderat

Elite Partai Demokrattidak menutupi kekhawatiran bahwa ideologi Bernie Sanders terlalu radikal kiri untuk mengalahkan Trump di Pilpres AS 2020.

Dalam hal ini, mantan Wakil Presiden Joe Biden adalah calon yang dinilai mampu merebut kembali Gedung Putih dari tangan Partai Republik.

Namun hasil Kaukus Iowa dan Primary New Hampshire membalikan ramalan mereka, di mana Biden meraup hasil mengecewakan.

Mantan Senator Delaware itu tampil buruk dari prediksi. Malah, nama yang melesat adalah yang tidak diunggulkan. Seperti Buttigieg serta Klobuchar.

Baca juga: Bernie Sanders Kembali Maju dalam Pemilihan Presiden AS 2020

Melesatnya kedua politisi dari daerah industrial “Rust Belt” ini merupakan sinyal kuat bahwa pemilih moderat belum dapat memutuskan siapa yang akan mereka dukung.

Kekalahan tipis di primary New Hampshire menunjukan kemenangan Buttigieg di Kaukus Iowa pekan lalu bukan kebetulan belaka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com