Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KJRI di Chicago Tampil Memukau pada Chicago Travel Adventure Show (CTAS) 2020

Kompas.com - 12/02/2020, 18:15 WIB
Miranti Kencana Wirawan,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

CHICAGO, KOMPAS.com - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Chicago, AS, kembali menampilkan pameran pariwisata terbesar di kawasan Midwest.

Pada acara Chicago Travel Adventure Show (CTAS) 2020 kali ini diadakan di Donald E Stephens Convention Center, Chicago. Acara ini dihadiri sekitar 200 ribu pengunjung selama dua hari dari pada 8-9 Februari 2020.

Terdapat enam agen wisata Indonesia yang turut berpartisipasi dalam acara ini diantaranya; Balidia Indonesia Travel, ASITA (Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies), Marintur Indonesia, Tauzia Hotel, Taman Nauli dan Voyage2Paradise.

Baca juga: Kenalkan Budaya Bumi Parahyangan, KJRI Hamburg Gelar West Java Night

Sementara itu, kuliner Indonesia seperti rendang, gudeg, opor, urap, nasi uduk, gulai ayam dan nasi kuning disajikan oleh Padi House & Grill Restaurant.

Tak ketinggalan, kerajinan tangan khas Indonesia juga dipamerkan oleh Bali Makasih Island Imports. Dari pameran tersebut, Bali Makasih mampu meraup keuntungan on the spot sebesar 1750 dollar AS, atau setara dengan Rp 23,9 juta.

Selain pameran wisata dan kuliner, KJRI juga menampilkan sejumlah tarian di Global Beats Stage. Tarian ini dipersembahkan oleh dua grup tari kebanggaan KJRI yaitu KJRI Troupee dan Chicago Balinese Gamelan yang terdiri dari warga AS.

Beberapa tarian itu di antaranya merupakan Tari Merak, Ronggeng, dan Tor-tor. Juga ada Tari Baleganjur Angga Yowana, Tari Puspa Wresti, Tabuh Bintang Siang, Tari Sekar Taman dan masih banyak lagi.

Demi menciptakan kepastian strategi pemasaran pariwisata Indonesia yang komprehensif, Konjen Simorangkir dan tim agen wisata Indonesia juga mengadakan pertemuan dengan Presiden dan anggota ASTA (American Society of Travel Advisors) di Midwest pada 7 Februari.

Pertemuan itu juga menindaklanjuti MoU antara ASTA dan ASITA Indonesia sejak ditandatangi pada tahun 2019 silam.

Beberapa perjanjian dan kerjasama yang telah dibahas diantaranya seputar pelaksanaan Familiarisation Trip, peningkatan kapasitas agen wisata melalui pelatihan serta forum bisnis.

Konsul Jenderal RI di Chicago, Meri Binsar Simorangkir menerangkan juga bahwa setidaknya terdapat 20 grup wisatawan di AS yang sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti perjalanan ke berbagai tujuan wisata di Indonesia.

Pameran ini ditegaskan oleh Konjen Simorangkir untuk mempromosikan destinasi dan kultur Indonesia ke 200 ribu lebih pelancong yang hadir. 

Dilansir dari rilis KJRI Chicago, Meri Binsar Simorangkir menerangkan, pasar AS merupakan 10 pasar utama pariwisata Indonesia yang menunjukkan potensinya di tahun 2018 dengan peningkatan wisatawan mancanegara sejumlah 5,84 persen dari 2017.

Pada 2020 ini, KJRI Chicago berupaya untuk meningkatkan target kunjungan wisata. "targetnya sebanyak 17 juta wisatawan pada tahun 2020." jelas Konjen Simorangkir.

Baca juga: Bangun Keakraban Generasi Muda Indonesia dan Australia, Ini Cara KJRI Sydney

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com