Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Ini Jadi yang Pertama Gelar Pernikahan Sesama Jenis di Irlandia Utara

Kompas.com - 12/02/2020, 14:08 WIB
Miranti Kencana Wirawan,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

Sumber Reuters,BBC

BELFAST, KOMPAS.com - Rona bahagia begitu jelas terlihat dari pasangan Sharni Edwards (27) dan Robyn Peoples (26). Sebab, mereka menjadi pasangan pertama yang melangsungkan pernikahan sesama jenis di Irlandia Utara.

Keduanya mengikat janji suci di Carrickfergus pada Selasa (11/2/2020). Ini adalah pernikahan pertama yang diresmikan oleh pemerintah setempat.

Diberitakan dari Reuters, pernikahan sesama jenis di Irlandia Utara memang baru dilegalkan pada 11 Februari kemarin.

Baca juga: Pengadilan Tertinggi Ekuador Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

Keduanya memutuskan untuk berhubungan ketika datang menonton konser penyanyi pop asal Amerika Serikat (AS), Ariana Grande, di Paris.

Awalnya, mereka berniat untuk melakukan civil partnership. Namun, alih-alih mereka memutuskan menikah setelah aturannya disahkan Senin (10/2/2020).

Seluruh pasangan sesama jenis yang sebelumnya sudah pernah menikah boleh mendaftarkan pernikahan mereka secara resmi ke pemerintah setempat.

Namun hal ini belum dapat dilakukan untuk mereka yang menjalani civil partnership, atau status hubungan setara dengan pernikahan dan ada aturan hukumnya.

Pada pernikahan, upacaranya terkesan sakral di mana dua pasangan saling mengucapkan janji, dan mengikutsertakan atribut keagamaan.

Baca juga: Ijinkan Pernikahan Sejenis, Cabang Gereja Anglikan Dikenai Sanksi

Maka untuk civil partnership, baik pasangan homoseksual maupun heteroseksual hanya perlu menandatangani dokumen-dokumen relevan, berdasarkan komunitas perkawinan.

Civil partnership tidak melibatkan agama atau upacara sakral dan sumpah janji. Seluruh prosesnya murni bersifat dokumentasi dan sipil.

Bahkan tidak diwajibkan untuk mengadakan upacara di suatu tempat dalam pelaksanaan prosesnya.

Civil partnership baru akan dibahas pemerintah Irlandia Utara pada akhir tahun 2020 dengan mendiskusikannya bersama gereja yang mendukung.

Dilansir dari BBC, pernikahan sesama jenis sebenarnya telah diizinkan di Inggris, Skotlandia dan Wales sejak 2014. Namun parlemen Irlandia Utara di Stormont belum melakukannya.

Baca juga: Pernikahan Sejenis di Australia Resmi Disahkan

Pernikahan sesama jenis pada akhirnya dilegalkan oleh pemerintah Irlandia Utara setelah ucapan dari politisi Partai Buruh, Conor McGinn.

Dia mengatakan pemerintah harus membuat undang-undang untuk perkawinan sesama jenis di Irlandia Utara. Hal ini juga didukung oleh anggota parlemen.

Terkait legalitas pernikahan sesama jenis per 11 Februari, McGinn mengungkapkan, "Setiap orang yang menghargai kesetaraan, cinta dan rasa hormat dapat merayakan hari ini."

"Ini hari yang baik untuk Irlandia Utara, hari yang penting bagi hak warga di seluruh pulau ini dan hari yang menyenangkan bagi pasangan sejenis yang sekarang dapat mendaftar untuk menikah," katanya.

Patrick Corrigan dari Amnesty International mengatakan hari itu adalah hari bersejarah bagi kesetaraan dan hak asasi manusia di Irlandia Utara.

Dia juga merasakan bahwa selama ini orang-orang dengan LGBT di Irlandia Utara sering diperlakukan inferior.

Baca juga: Pertama di Asia, Parlemen Taiwan Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters,BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com