Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Tawarkan Rp 1,3 Triliun ke China dan Negara Lain untuk Tangkal Virus Corona

Kompas.com - 08/02/2020, 08:09 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - AS menawarkan kucuran dana 100 juta dollar, sekitar Rp 1,3 triliun, ke China dan negara lain yang terdampak virus corona.

Dalam pernyataanya, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo menyebut bantuan baik dari pemerintah maupun swasta merupakan komitmen kuat mereka dalam menanggulangi virus.

"Kami meminta negara lain mengambil komitmen kami. Bersama, kita bisa memberikan dampak untuk mencegah ancaman wabah ini," kata Pompeo.

Baca juga: 717 Orang Meninggal akibat Virus Corona, 34.000 Orang Terinfeksi

Mantan Direktur Badan Intelijen Pusat AS (CIA) itu melanjutkan, bantuan Rp 1,3 triliun itu akan diberikan secara langsung atau melalui organisasi internasional.

Pompeo mengatakan, dana itu akan diambilkan dari pengeluaran yang sebelumnya sudah dialokasikan, dilaporkan AFP Jumat (7/2/2020).

Bantuan dana itu muncul setelah China mengkritik AS hanya menyebarkan kritik setelah pada pekan lalu mengumumkan status darurat.

Selain itu, Washington juga melarang setiap warga asing yang mempunyai riwayat bepergian ke Negeri "Panda" untuk menginjakkan kaki.

Pada Jumat, Presiden Donald Trump memuji "profesionalitas" Beijing setelah berbicara dengan Presiden Xi Jinping melalui telepon.

Pompeo menambahkan, Negeri "Uncle Sam" akan mengirim bantuan lain berupa 17,8 ton peralatan medis seperti masker, pakaian bedah, kain kasa, hingga alat pernapasan.

Sebanyak 717 orang dilaporkan meninggal dengan lebih dari 34.000 orang sejak virus corona tercatat pada Desember 2019 lalu.

Beijing menerapkan kebijakan isolasi terhadap Wuhan dan kota lain di Provinsi Hubei yang dianggap sebagai wilayah yang pertama kali terdampak.

Selain itu, virus tersebut juga menghantam lebih dari 20 negara, dengan Hong Kong dan Filipina mengumumkan kasus kematian pertama di luar China.

Baca juga: Waspada Virus Corona, 41 WNA Ditolak Masuk Bali Meski Sudah Sampai Bandara

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com