Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sikap Negara di Dunia sejak Virus Corona Merebak: Tutup Perbatasan hingga Stop Terbitkan Visa untuk Warga China

Kompas.com - 02/02/2020, 15:47 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Sejumlah negara di dunia langsung melakukan berbagai kebijakan untuk menangkal penyebaran wabah virus corona yang pertama kali terdeteksi pada Desember 2019.

Virus yang berasal dari Pasar Seafood Huanan di Wuhan, Provinsi Hubei, itu saat ini sudah membunuh 305 orang, termasuk satu kasus kematian di Filipina.

Patogen dengan kode 2019-nCov itu juga menjangkiti hampir 14.500 orang di China, dan membuat Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan keadaan darurat.

Baca juga: Wabah Virus Corona, Australia Larang Kunjungan Pelancong yang Datang dari China

Dilansir dari AFP Minggu (2/2/2020), berikut merupakan kebijakan sejumlah negara untuk menangkal virus corona yang mematikan itu.

1. Larangan bepergian

Pada Jumat (31/1/2020), AS mengumumkan larangan sementara bagi warga asing yang punya riwayat bepergian China dalam dua pekan terakhir untuk datang.

Sikap tegas itu juga berlaku bagi warga sendiri, di mana mereka diwajibkan melakukan karantina selama 14 hari sejak kembali dari Negeri "Panda".

Australia dan Israel kemudian meniru langkah Washington, dengan mengumumkan larangan bagi warga asing yang sempat bepergian ke China.

Setelah itu berbondong-bondong Selandia Baru, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Mongolia yang juga menerapkan kebijakan serupa.

Baca juga: Pasien Virus Corona di AS Membaik setelah Diberi Obat Ini...

2. Tutup perbatasan

Sejumlah negara yang diketahui mempunyai hubungan perbatasan dengan Negeri "Panda" mengumumkan mereka bakal menutupnya sebagai tindakan pencegahan.

Pada Kamis (30/1/2020), Rusia menyatakan bakal menutup garda terdepannya. Adapun Kazakhstan mengaku bakal menangguhkan bus hingga kereta lintas perbatasan ke China.

Mongolia melarang mobil dari dan ke China untuk melintas. Sementara Korea Utara, yang menjadikan Beijing sebagai sekutu utama, melarang turis asing.

Di akhir pekan ini, pemerintah Vietnam menerbitkan aturan yang menangguhkan segala penerbangan dari daratan utama China.

Papua Nugini bahkan lebih jauh lagi. Mereka memblokir wilayah udara dan laut mereka dari turis Asia pada Rabu (29/1/2020).

Selain itu, negara miskin tersebut juga menutup satu-satunya perbatasan dengan Indonesia, yang dikelola pemerintah Papua Barat.

Baca juga: Diklaim Bisa Tangkal Virus Corona, Obat Herbal Ini Picu Perdebatan di China

3. Hentikan visa bagi warga China

Sejumlah negara di dunia dilaporkan untuk sementara menghentikan penerbitan visa bagi warga China sejak virus corona begitu masif menyebar.

Singapura memutuskan menyetop penerbitan segala jenis visa bagi warga Negeri "Panda". Sementara Vietnam baru memutuskan berhenti di visa turis.

Di Rusia, Kremlin mengumumkan bahwa kebijakan bebas visa bagi wisatawan China, setelah sebelumnya mereka juga menghentikan izin kerja.

Adapun mereka sudah menyetop visa elektronik yang bisa dipakai warga China untuk menyeberang di Timur Jauh maupun kawasan barat Rusia.

Larangan serupa juga diberlakukan otoritas dunia lain. Seperti misalnya di Filipina, Sri Lanka, Malaysia, hingga Mozambik.

Baca juga: [KABAR DUNIA SEPEKAN] WHO Umumkan Status Darurat Virus Corona | Kisah Dokter di Wuhan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com