Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalani Penugasan Baru, Dubes Mahendra Siregar Dilepas WNI hingga Pemerintah AS

Kompas.com - 01/02/2020, 23:10 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Warga Negara Indonesia (WNI) hingga pemerintah AS melepas Duta Besar (Dubes) Mahendra Siregar yang akan menjalani penugasan baru.

Seperti diketahui, Mahendra kini ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Wakil Menteri Luar Negeri pada Oktober 2019.

Wakil Dubes Iwan Freddy Hari Susanto didapuk sebagai Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) hingga kedatangan Duta Besar RI untuk AS yang baru.

Baca juga: Mahendra Siregar, Wamenlu Pilihan Jokowi yang Diberi Tugas Diplomasi Ekonomi

Kepala Protokol Negara AS, Cam Henderson, menggelar momen perpisahan yang bertempat di Kementerian Luar Negeri AS pada Senin (27/1/2020).

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, hadir dalam acara itu adalah para pejabat Kemenlu dan Kementerian Pertahanan AS, hingga duta besar negara lain.

Pujian pun dilayangkan kepada Mahendra Siregar. Sebab, inovasinya dipandang membuat hubungan bilateral Indonesia dan AS mencapai titik kulminasi terbaik.

Wakil Menteri Luar Negeri untuk Asia Timur dan Pasifik, David Stilwell, mengapresiasi peran Dubes Mahendra dalam memperkokoh relasi bilateral di berbagai aspek.

Sehari sebelumnya dalam upacara perpisahan di Wisma Indonesia, beberapa mitra kerja mengirimkan ucapan baik lewat surat hingga rekaman yang kemudian diputar.

Di antaranya US-ASEAN Business Council (US-ABC) yang menyatakan walaupun cukup singkat menjabat, Mahendra dinilai memberi pengaruh besar dalam prospek hubungan ekonomi dua negara.

"Belum pernah ada dubes negara lain dengan keahlian selengkap Mahendra Siregar di bidang keuangan, perdagangan, dan investasi," kata Chairman, President & CEO US-ABC, Alexander Feldman.

Begitu juga dari Wali Kota Somersworth, Dana S Hilliard, yang menyatakan bahwa dia mengapresiasi langkah kerja sama lewat "Little Indonesia" dan "Indonesian Gate".

Ucapan selamat dan pujian juga mengalir dari berbagai lapisan WNI baik di Washington DC, Maryland, dan Virginia. Baik dari organisasi kemasyarakatan seni budaya dan keagamaan.

"Meski singkat, namun Dubes Mahendra Siregar sangat menginspirasi kami untuk meningkatkan kiprah di AS," kata Bagus Adiyanto, President of Indonesian Muslim Association in America (IMAAM).

Pada gilirannya, Dubes Mahendra yang didampingi sang istri, Ita Siregar, menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kontribusi saat bertugas selama 10 bulan.

"Semua capaian itu kembali ke kita semua. Peran saya hanya mengatakan, ya, ya, dan ya," paparnya yang disambut tepuk tangan hadirin yang hadir.

Baca juga: Ini Alasan Jokowi Tunjuk Mahendra Siregar Jadi Wamenlu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com