Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Meninggal Virus Corona di China Tembus 212 Orang

Kompas.com - 31/01/2020, 06:40 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah China mengumuumkan korban meninggal akibat wabah virus corona yang terjadi sejak Desember 2019 mencapai 212 orang.

Angka itu diumumkan beberapa jam setelah Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan patogen dengan kode 2019-nCov itu sebagai darurat global.

Baca juga: Dampak Wabah Virus Corona, F1 China Terancam Ditiadakan

Jumlah korban meninggal virus corona yang mencapai 212 orang menunjukkan laporan kematian terus mengalami peningkatan secara cepat.

Padahal sebagaimana dilansir AFP Jumat (31/1/2020), otoritas China melakukan berbagai pendekatan untuk menekan penyebaranya di Hubei.

Pada Kamis (30/1/2020), Beijing mengumumkan bahwa terdapat 38 kematian, di mana 37 orang di antaranya tercatat di Hubei.

Pemerintah Hubei pada Jumat juga menyatakan terdapat 1.220 kasus baru, yang membuat jumlah penderita menembus angka sekitar 7.700.

Awalnya, WHO tidak mengumumkan status darurat. Namun, pandangan mereka berubah setelah melangsungkan pertemuan di Beijing.

"Kita harus bertindak bersama untuk membatasi penyebarannya. Kita bisa menghentikannya jika melakukannya bersama," kata Sekjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Tedros menyatakan, larangan bepergian atau berdagang ke China tidak terlalu berarti karena kini sudah ada 98 kasus yang menjangkiti 18 negara.

Sejumlah negara sudah melarang warganya untuk pergi ke China, atau membendung pendatang dari Wuhan, kota tempat virus corona pertama kali dilaporkan.

Baca juga: Takut Virus Corona, Pria Ini Minta BPBD Blora Usir 50 Kelelawar di Rumahnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com