Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM India Yakin jika Perang, Negaranya Bakal Menang Lawan Pakistan dalam 10 Hari

Kompas.com - 29/01/2020, 18:57 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

NEW DELHI, KOMPAS.com - Perdana Menteri India Narendra Modi yakin jika terjadi perang dengan Pakistan, negaranya akan menang dalam waktu 10 hari.

Dua rival di Asia Selatan itu sudah terlibat tiga konflik besar, dengan Februari 2019 lalu relasi keduanya memanas setelah New Delhi menyerang Kashmir yang dikuasai Pakistan.

Baca juga: Perdana Menteri Pakistan Sebut PM India Narendra Modi seperti Pria Pengecut

Modi berkoar di tengah berbagai tekanan, seperti aksi protes menentang aturan kependudukan yang baru, ekonomi melambat, dan ancaman kekalahan dalam pemilihan di New Delhi.

"Pakistan sudah kalah dalam tiga perang. Tentara kita bakal menang tidak lebih dari 10 hari," koar Modi di hadapan prajurit India, dilansir AFP Rabu (29/1/2020).

Komentarnya merujuk kepada insiden di mana pilot jet tempur India ditangkap setelah Islamabad menjatuhkan pesawatnya di Kashmir.

Pilot bernama Abhinandan Varthaman itu sempat dihajar oleh warga saat keluar dari pesawatnya, dan kemudian dibebaskan sekitar sepekan kemudian.

Mengenakan topi bisbol Korps Kadet Nasional, PM berusia 69 tahun itu menyebut pesatnya perkembangan militer tak lepas dari "pemikiran muda".

Dia memuji "pemikiran muda" itu dengan mencontohkan momen ketika mereka menyerang milisi di Kashmir Pakistan, baik di 2016 maupun tahun lalu.

"Inilah 'pemikiran muda' itu. Kita melakukan serangan secara terkoordinasi, dan menghancurkan teroris di rumahnya sendiri," koar Modi.

Politisi dari Partai Bharatiya Janata (BJP) itu menuding sang rival melakukan "perang proksi", yakni menyokong kelompok militan.

Kashmir menjadi rebutan dua negara berkemampuan nuklir tersebut sejak mendapat kemerdekaan dari Inggris pada 1947 silam.

Pada Agustus lalu, pemerintahan Modi memutuskan untuk menghapus status otonomi sementara Kashmir, yang diikuti mencabut layanan telekomunikasi.

Baca juga: PM India Beri Selamat ke Presiden Jokowi Pakai Bahasa Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com