Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Quraish Shihab Terima Penghargaan Bintang Tanda Kehormatan dari Mesir

Kompas.com - 28/01/2020, 20:23 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KAIRO, KOMPAS.com - Profesor Dr M Quraish Shihab dilaporkan menerima penghargaan Tanda Bintang Kehormatan dari pemerintah Mesir di Universitas Al-Azhar, Kairo.

Dalam rilis yang diterima Kompas.com Selasa (28/1/2020), cendekiawan Muslim berusia 75 tahun itu mendapat penghargaan Tingkat Pertama di bidang Ilmu Pengetahuan dan Seni.

Baca juga: Menurut Quraish Shihab, KB Boleh Asal Bukan Pemandulan

Bintang Tanda Kehormatan itu diberikan oleh Perdana Menteri Mesir Musthafa Madbouli, mewakili Presiden Abdel Fattah el-Sisi.

Penghargaan tersebut diberikan saat pembukaan Konferensi Internasional tentang Pembaruan Pemikiran Islam yang digelar di Al-Azhar.

Saat dikonfirmasi, Manajer Program Pusat Studi Al-Quran (PSQ) M Arifin membenarkannya. Dia menuturkan selain Quraish Shihab, ada tokoh Indonesia lain yang menerima Bintang Tanda Kehormatan.

Tokoh itu adalah Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Dr KH Abdullah Syukri Zarkasyi. "Bedanya, beliau mendapat penghargaan di bidang Dakwah pada 2004," ujarnya.

Arifin menuturkan, setiap tahun Universitas Al-Azhar memberikan penghargaan kepada ulama maupun cendekiawan Muslim yang dinilai berjasa, baik dari dalam maupun luar Mesir.

Anugerah itu diberikan pemerintah kepada mereka yang melakukan pembaruan di bidang pemikiran Islam, dan menyebarkan pemahaman Islam yang moderat dan toleran.

Dia mengatakan ada cukup banyak karya milik Pendiri PSQ yang dikirimkan kepada pihak Al-Azhar. "Salah satunya adalah Tafsir Al-Misbah," katanya.

Adapun Direktur PSQ, Dr Muchlis M Hanafi menyatakan, penghargaan yang diterima ayah presenter Najwa Shihab tersebut merupakan kebahagiaan tersendiri.

"Sekaligus merupakan amanat agar PSQ terus memainkan peran terbaiknya bagi umat dan bangsa," kata Muchlis yang turut hadir dalam acara penganugerahan.

Baca juga: Quraish Shihab: Pak Habibie Mendengar dan Memahami yang Saya Ucapkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com