Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Jepang yang Tak Pernah ke China Terkena Virus Corona

Kompas.com - 28/01/2020, 18:17 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Seorang pria Jepang yang tidak pernah ke China dilaporkan positif terkena virus corona, demikian keterangan pemerintah setempat.

Korban disebut berusia 60-an dan berasal dari Nara, barat Negeri "Sakura".. Dia disebut merupakan sopir bagi kelompok wisatawan asal Wuhan.

Baca juga: Asal Wabah Virus Corona yang Mematikan Terungkap

Menteri Kesehatan Jepang, Katsunobu Kato menyatakan saat wabah virus corona merebak, pria itu diketahui mengantar dua rombongan turis Wuhan yang berbeda pada awal Januari.

Dilaporkan Jiji seperti dikutip Reuters via The Guardian Selasa (28/1/2020), Wuhan adalah kota yang menjadi asal penyebaran virus corona.

Korban yang tak disebutkan identitasnya itu kemudian dilarikan ke rumah sakit karena menderita gejala mirip flu pada Sabtu (25/1/2020).

Sumber dari kementerian kesehatan kepada AFP berujar, mereka tidak mempunyai informasi bahwa korban melakukan perjalanan ke China.

"Jika itu benar, bisa jadi dia terpapar virus dari turis. Maka ini bisa menjadi pertama kalinya ada penularan antar-manusia di Jepang," ujar sumber itu.

Sementara terdapat satu kasus lagi sehingga total, terdapat enam orang yang positif terinfeksi patogen dengan kode 2019-nCov itu.

Tokyo sudah menerapkan aturan pengecekan baru terhadap para penumpang yang datang dari China, dan berencana mengevakuasi warganya dari Wuhan.

Berdasarkan pernyataan otoritas setempat, nantinya pesawat yang disewa bakal menerbangkan 200 dari 650 orang Jepang yang tinggal di ibu kota Provinsi Hubei tersebut.

Baca juga: 6 Warga China yang Terdampar di Rote Ndao Negatif Virus Corona

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com