Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin dan Assad Tertawa Saat Bahas Trump, Apa yang Mereka Bicarakan?

Kompas.com - 15/01/2020, 20:29 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

DAMASKUS, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Suriah Bashar al-Assad ketahuan tertawa saat membicarakan Presiden AS Donald Trump.

Kejadian yang terekam kamera itu terjadi ketika Putin mengunjungi Damaskus, sebagaimana dilaporkan The Independent Rabu (14/1/2020).

Baca juga: Putin Undang Trump untuk Berkunjung ke Rusia

Saat berkunjung ke Gereja Ortodoks, Putin dan Assad membahas tentang Paulus, seorang rasul dalam agama Kristen maupun Katolik.

Disebutkan di Alkitab, Paulus dulunya bernama Saulus, dan merupakan sosok yang bertanggung jawab dalam penganiayaan umat Kristiani.

Dia kemudian beralih menjadi Kristen setelah dalam perjalanan ke Damaskus (Damsyik) menjadi buta, dan disembuhkan seseorang bernama Ananias.

"Jika Trump juga berjalan ke jalanan ini (Damaskus), mungkin dia bakal sembuh," gurau Assad dalam video yang diunggah jurnalis Rusia.

Sontak Putin tertawa mendengar perkataan tersebut. "Dia tentu akan berubah ke arah yang lebih baik," kata presiden 67 tahun itu.

Setelah itu, Putin kemudian meminta Assad supaya mengundang presiden ke-45 AS itu. "Undanglah, dia akan datang," kelakarnya.

"Saya siap," jawab Assad yang kemudian dibalas dengan Putin bahwa dia akan menyampaikannya kepada Trump pribadi.

Dalam pernyataan resmi Kremlin, mantan agen KGB itu mengunjungi Suriah secara mendadak guna membicarakan situasi militer di sana.

Moskwa merupakan sekutu terkuat Suriah dalam perang sipil sejak 2011 silam, maupun kampanye memberangus kelompok ISIS.

Baca juga: AS Tuduh Rezim Assad Gunakan Senjata Kimia Jenis Klorin di Suriah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com