Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Bek Air Jatuh Setelah Lepas Landas di Kazakhstan, 12 Orang Tewas

Kompas.com - 27/12/2019, 15:43 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

ALMATY, KOMPAS.com - Sebanyak 12 orang tewas ketika pesawat Bek Air jatuh tak lama setelah lepas landas di Kazakhstan Jumat (27/12/2019).

Pesawat yang mengangkut 100 orang itu "hilang dari radar" beberapa menit dari bandara Almaty dalam perjalanan menuju ibu kota Nursultan, pukul 07.05 waktu setempat.

Baca juga: Bawa 100 Penumpang, Pesawat Bek Air Jatuh Setelah Lepas Landas di Kazakhstan

"Terdapat 12 korban tewas yang kami temukan di lokasi," ujar pemerintah Almaty dalam rilis yang dikirim ke Telegram, dilansir AFP.

Pemerintah menambahkan, sebanyak 17 orang dibawa ke rumah sakit dalam "kondisi serius", dengan delapan di antaranya anak-anak.

Dalam video yang dirilis otoritas setempat, nampak hidung pesawat hancur setelah menabrak rumah, dengan tim penyelamat mengangkat korban di reruntuhan.

Petugas penyelamat nampak berusaha mencapai jendela di bagian kokpit, dengan petugas darurat lainnya mengelilingi mereka.

Presiden Kassym-Jomart Tokayev menyatakan, setiap korban bakal mendapat kompensasi, dan berjanji pelakunya akan dihukum.

Maret lalu, Fokker 100 milik Bek Air terpaksa mendarat darurat di bandara internasional Nursultan setelah roda pendaratannya gagal ditarik.

Untungnya, dari 111 penumpang dan lima kru kabin yang berada dalam penerbangan tidak ada yang mengalami luka.

Kementerian Industri Kazakhstan menyatakan, mereka akan mengandangkan Fokker 100 hingga penyebab jatuhnya Bek Air terungkap.

Baca juga: Pesawat Jatuh di AS, 9 Orang Tewas, 2 di Antaranya Anak-anak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com