Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Berharap Dapat Vas, Bukan Tes Rudal, dari Korea Utara sebagai Hadiah Natal

Kompas.com - 25/12/2019, 22:11 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

PALM BEACH, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump berharap, dia mendapat vas, bukan tes rudal, sebagai hadiah Natal dari Korea Utara.

Pyongyang sebelumnya sudah menjanjikan bakal memberikan "hadiah Natal tidak menyenangkan", yang dianggap banyak kalangan sebagai uji coba senjata.

Baca juga: AS Bersiap untuk Hadiah Natal Tak Menyenangkan dari Korea Utara

Korea Utara sudah menyatakan, "hadiah" itu bakal diberikan jika AS tidak menawarkan pendekatan negosiasi denuklirisasi baru sebelum akhir tahun.

"Kami akan melihat seperti apa kejutannya, dan kami akan menanganinya secara sukses," ujar Trump di kediamannya di Mar-a-Lago.

Dilansir AFP maupun Al Jazeera Selasa (24/12/2019), presiden 73 tahun itu menyebut dia akan menangani "hadiah Natal" dari Korea Utara itu.

"Mungkin ini hadiah yang manis. Mungkin dia akan mengirimkan vas cantik ketimbang tes rudal," canda presiden dari Partai Republik itu.

Pembicaraan nuklir antara Pyongyang dan AS buntu sejak pertemuan kedua Trump dengan Kim Jong Un di Hanoi, Vietnam, pada Februari lalu.

Sejak pertemuan yang gagal itu, Korut mulai melancarkan serangkaian komentar yang pedas maupun klaim uji coba senjata.

Terakhir adalah mereka menyatakan sukses meluncurkan "tes pentingn" di situs peluncuran satelit Sohae yang sempat ditutup.

Baca juga: Tenggat Waktu Negosiasi Mendekat, Trump Awasi Korea Utara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com