Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Misa Malam Natal, Paus Fransiskus Tekankan Cinta Tuhan yang "Tak Bersyarat"

Kompas.com - 25/12/2019, 14:38 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Paus Fransiskus menekankan bagaimana cinta Tuhan yang "tak bersyarat", ketika menggelar misa Malam Natal di Vatikan.

"Anda mungkin punya ide yang salah. Anda mungkin sudah mengacaukan segalanya. Tapi Dia tetap mencintai kalian," ujarnya.

Dilansir BBC Rabu (25/12/2019), ucapan Paus Fransiskus itu banyak yang diinterpretasikan berkaitan dengan skandal gereja.

Baca juga: Paus Fransiskus Peluk Korban Bencana Reaktor Nuklir Fukushima 2011

Dalam khotbahnya, Paus asal Argentina itu mengatakan Tuhan tidak mencintai manusia tak hanya karena manusia melakukan kehendak-Nya.

"Natal mengingatkan kita bahwa Tuhan terus mencintai kita, bahkan yang terburuk di antara kita," kata Paus 83 tahun itu dalam misa Malam Natal.

"Kepada saya, Anda, kepada kita semua, Dia berkata begini: 'Saya mencintaimu, dan akan terus demikian. Karena kalian berharga di mata-Ku," paparnya.

"Dia mencintai Anda semua, ecara polos dan sederhana. Cintanya tak bersyarat, tidak tergantung siapa Anda," jelasnya.

Khotbah itu disampaikan setelah gereja dilanda berbagai laporan pelecehan seksual, dan tuduhan adanya upaya penutupan bukti dari imam senior.

"Apa pun kesalahan yang ada pada kita, apa pun yang salah pada Gereja, tentunya kita tak bisa menjadikannya alasan," tegasnya.

Pada awal Desember ini, Paus menghapus aturan Kerahasiaan Kepausan, yang mencegah pastor maupun korban melaporkan pelecehan yang dialami.

Kemudian pada Mei lalu, dia merilis sebuah panduan supaya siapa pun yang mendapatkan pelecehan seksual agar melapor ke atasannya.

Kasus terbaru adalah ketika Kardinal George terbukti bersalah melecehkan dua anggota paduan suara anak-anak di Melbourne pada 1996.

Dia dulunya merupakan mantan pejabat keuangan, Vatikan, dan dipandang sebagai orang dengan otoritas tertinggi di sana.

Baca juga: Umat Katolik di Palopo Jalani Misa Malam Natal Penuh Khidmat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com