Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Parlemen Inggris Loloskan Kesepakatan Brexit

Kompas.com - 21/12/2019, 17:47 WIB
Ericssen,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

LONDON, KOMPAS.com – Parlemen Inggris akhirnya meloloskan Rancangan Undang-undang (RUU) Kesepakatan Brexit (Withdrawal Agreement Bill) pada Jumat (20/12/2019).

Persetujuan parlemen ini mengakhiri kemelut politik yang telah membelah Negeri "Ratu Elizabeth" itu sejak referendum yang terjadi pada Juni 2016.

Sebelumnya, parlemen Inggris menolak hingga tiga kali penawaran kesepakatan Brexit yang diajukan mantan Perdana Menteri Theresa May awal tahun ini.

Baca juga: Pengaruh Brexit Terhadap Harga Properti

Usulan penggantinya, Boris Johnson, disepakati dengan 358 anggota parlemen memberikan dukungan berbanding 234 yang menolak, dilaporkan The Guardian.

RUU ini didukung oleh seluruh anggota partai Konservatif yang berkuasa, ditambah dengan enam anggota partai oposisi Buruh yang membelot.

Dengan tercapainya kesepakatan Brexit ini, maka bisa dipastikan Inggris bakal bercerai dari Uni Eropa pada 31 Januari 2020 mendatang.

Uni Eropa sudah dua kali memperpanjang deadline perceraian dari 29 Maret 2019 menjadi 31 Oktober 2019, sebelum akhirnya sampai di angka 31 Januari 2020.

Keberhasilan Boris Johnson memenangkan mayoritas di pemilu pekan lalu memuluskan ambisinya untuk mengeksekusi perceraian yang sudah berlarut-larut ini.

Membawa slogan kampanye “Get Brexit Done”, mantan Wali Kota London ini meraup kemenangan telak dengan meraup 365 dari total 650 kursi Parlemen Inggris.

Johnson yang merupakan arsitek utama kampanye Brexit dengan gembira menyatakan, perceraian Inggris dari Uni Eropa sudah di depan mata.

Setelah RUU ini disahkan, parlemen Eropa dijadwalkan bakal melakukan ratifikasi resmi perceraian pada 29 Januari 2020.

“Ini adalah langkah yang sangat krusial untuk meratifikasi Artikel 50,” ucap Presiden Dewan Eropa atau European Council Charles Michel.

Langkah berikut yang akan ditempuh oleh Inggris dan Uni Eropa adalah menegosiasikan kesepakatan perdagangan dengan deadline 31 Desember 2020.

Baca juga: Ada Ketidakpastian Brexit, Ekonomi Inggris Tumbuh Melambat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com