Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akademi Balet Top di Austria Disorot karena Minta Murid untuk Merokok

Kompas.com - 18/12/2019, 16:37 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC,AFP

WINA, KOMPAS.com - Sebuah akademi balet top di Austria menjadi sorotan setelah diketahui, murid diminta merokok demi menjaga berat badan.

Kabar itu diungkapkan komite yang khusus menyelidiki adanya klaim bahwa akademi itu telah merusak kesehatan siswanya.

Skandal itu mulai menyeruak April lalu, di mana muncul pemberitaan Akademi Opera Negara Wina melakukan kekerasan fisik maupun mental ke murid.

Baca juga: Ketika Pangeran Harry Unjuk Kemampuan di Kelas Balet Anak-anak...

Tabloid mingguan Falter dikutip AFP Selasa (17/12/2019) dalam investigasinya mengungkap "metode abad 19" yang dipakai akademi balet.

Para pebalet belia itu diduga dipukul, dicakar hingga berdarah, dijambak, dan dipermalukan karena penampilan fisik mereka.

Disebutkan bahwa para penari muda itu harus menjalani rutinitas yang keras dalam masa pelatihan, maupun jelang mereka tampil.

Sebagai tindak lanjut, komisi khusus yang didukung pemerintah Austria mengonfirmasi bahwa para murid tak menerima perawat medis yang cukup.

Selain itu, dalam investigasinya, komisi juga menyatakan akademi balet itu "mengabaikan" kesejahteraan dari para siswa.

Ketua komisi Susanne Reindl-Krauskopf berujar, temuan mereka mengungkap murid disarankan merokok supaya menjaga berat badan.

"Jelas bahwa anak-anak itu tidak mendapat perlindungan dari diskriminasi, pengabaian, dan efek medis negatif," terang Reindl-Krauskopf.

Dia mengambil kesimpulan tersebut setelah komisi beranggotakan tiga orang itu mendengarkan 24 saksi dalam 16 persidangan.

Reindl-Krauskopf menyerukan agar direktur akademi, Dominique Meyer, diinvestigasi karena gagal dalam melakukan pengawasan.

Dilansir BBC, Akademi Opera Negara Wina mengatakan mereka akan segera mempelajari laporan tersebut sebelum mengambil sikap.

Selain itu, akademi yang didirikan pada 1771 silam tersebut mengaku sudah mengurangi sejumlah penampilan dari siswanya.

Opera Negara Wina merupakan salah satu akademi balet terbaik di Eropa, dengan peminat datang dari berbagai penjuru dunia.

Baca juga: Viral, Video Penumpang Cuek Saat Ditegur karena Merokok di Dalam KRL

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com