Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2019, 06:14 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com — Seorang perempuan pengemis di Brasil dilaporkan ditembak mati oleh pria setelah meminta uang receh. Kejadian itu terekam kamera.

Rekaman yang disiarkan oleh televisi setempat memperlihatkan bagaimana si pria menembak perempuan itu di Niteroi, yang masih masuk kawasan Rio de Janeiro.

Baca juga: Pengemis Pincang di Senayan, Mendadak Lari Ketika Diamankan

Si pelaku nampak mengarahkan pistolnya dan menembak pengemis itu dari jarak dekat, kemudian meninggalkan lokasi dengan tenang.

Polisi menyatakan, pelaku yang diidentifikasi bernama Aderbal Ramos de Castro mengaku, perempuan itu ditembak mati setelah meminta uang receh.

Dilansir Daily Mirror Rabu (20/11/2019), pengemis itu hanya meminta 1 reais Brasil atau setara dengan 18 pence sekitar Rp 3.300.

Media Brasil memberitakan, korban diidentifikasi bernama Zilda Henrique dos Santos Leandro atau dikenal dengan panggilan Neia.

Insiden itu terjadi pada Sabtu pagi waktu setempat (16/11/2019), dengan RedeTV langsung memburamkan momen dia ditembak mati.

Seorang pengguna jalan yang kebetulan lewat beberapa saat setelah Neia ditembak mencoba menolongnya dengan menghentikan mobil yang lewat.

Sayangnya, perempuan 31 tahun itu dinyatakan meninggal saat dirawat, dengan laporan menyatakan dia ditembak setidaknya dua kali.

Dalam rekaman CCTV, Ramos terlihat beberapa kali menoleh ke belakang setelah membunuh Neia dan tidak berusaha untuk berlari.

Pada Mei lalu, Presiden Brasil Jari Bolsonaro membuat dekrit berisi, warga, termasuk sopir truk dan politisi, boleh membawa senjata.

Namun, dekrit tersebut mendapat tantangan dari kalangan oposisi. Peraturan itu membatasi hanya sejumlah orang, termasuk pemburu, yang boleh membawa senjata.

Negeri "Samba" adalah negara dengan salah satu tingkat pembunuhan tertinggi dunia. Pada periode Januari-Agustus 2019 tercatat ada 27.517 kasus.

Baca juga: Fakta 20 Anak Dijadikan Pengemis di Medan, Disuruh Ibu Minta-minta di Jalan Saat Malam Hari

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com