Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen Pilu Seorang Pria Beri Minum Koala yang Terkena Luka Bakar di Australia

Kompas.com - 15/11/2019, 15:18 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com - Ini adalah momen pilu di mana seorang pria memberi minum seekor koala yang menderita luka bakar akibat kebakaean hutan di Australia.

Keadaan darurat diumumkan awal pekan ini setelah tim pemadam berjibaku memadamkan 100 titik api yang sudah menewaskan empat orang dan menghancurkan ratusan rumah.

Baca juga: Tiga Orang dan Ratusan Koala Tewas Akibat Kebakaran di Australia

Selain itu seperti dilaporkan Daily Mirror Kamis (14/11/2019), diyakini 350 ekor koala mati di Cagar Alam Danau Innes di New South Wales.

Menurut keterangan Presiden Konservasi Koala Australia Sie Ashton, binatabg asli Negeri "Kanguru" itu terbakar hingga jadi abu di pepohonan.

Rumah Sakit Koala Port Macquarie membagikan video ketika seorang pria bernama Darrel memberi minum ketika hewan itu menderita luka bakar.

Dalam video, koala yang diberi nama Kate itu hanya terduduk dengan area yang berada di sekitarnya hangus dilalap si jago merah.

Darrel mengisi air di gelas kecil, dan kemudian menyorongkannya ke mulut Kate, di mana dia terlihat kesulitan membuka matanya.

"Dia melakukan hal benar dengan menyelimutinya menggunakan selimut besar, dan kemudian membawanya kepada kami," ujar Port Macquarie di Facebook.

Fasilitas rehabilitasi untuk perlindungan dan konservasi koala liar itu menyatakan, Kate menderita luka bakar di tangan, kaki, serta wajah.

"Dia sampai kepada kami dalam keadaan dehidrasi, dan saat ini tengah menerima fasilitas bintang lima di Rumah Sakit Koala," ujar Port Macquarie.

Lebih dari 10.000 netizen menyukai, dengan 2.000 warganet memberikan komentar. "Sangat menyakitkanku melihat apa yang terjadi pada hewan cantik ini," ujar salah satunya.

Fasilitas itu pun kemudian membuka donasi melalui GoFundMe, dengan dana yang terkumpul mencapai 275.000 poundsterling, atau Rp 4,9 miliar.

Baca juga: Australia Bersiap untuk Bencana Kebakaran Hutan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com