Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengungsi ke Meksiko, Eks Presiden Bolivia Evo Morales Janji Kembali Lebih Kuat

Kompas.com - 12/11/2019, 17:51 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

LA PAZ, KOMPAS.com - Eks Presiden Bolivia Evo Morales berjanji dia akan kembali lebih kuat setelah memutuskan untuk mengungsi ke Meksiko.

Morales mengundurkan diri pada Minggu (10/11/2019) setelah gelombang protes buntut tiga pekan terakhir buntut kemenangannya di pemilu.

Dengan keadaan Bolivia yang tanpa pemimpin, setelah wakil dan sejumlah pejabat tinggi mundur, militer berjanji bakal membantu polisi memulihkan ketertiban.

Baca juga: Permintaan Suaka Dikabulkan, Eks Presiden Bolivia Evo Morales Terbang ke Meksiko

Senator Jaenine Anez yang menggantikan Evo Morales berjanji bakal menggelar pemilu dini demi mengakhiri krisis politik sejak Oktober itu.

Eks Presiden Bolivia berusia 60 tahun itu meninggalkan La Paz dan bertolak menuju Meksiko setelah mendapatkan suaka politik di sana.

Menteri Luar Negeri Marcelo Ebrard dalam konferensi pers seperti diberitakan AFP Selasa (12/11/2019), membenarkan Morales ada di pesawat.

Dalam kicauannya di Twitter, dia menuturkan begitu sakit harus meninggalkan Bolivia. "Tapi saya akan kembali lebih kuat dan bertenaga," tegasnya.

Presiden pribumi Bolivia itu mengklaim, sekelompok "perusuh" sudah merusak kedua rumahnya pada Senin malam waktu setempat (11/11/2019).

Sementara pemimpin oposisi Carlos Mela dalam kicauannya di Twitter mengungkapkan ada sekelompok orang hendak menyerang kediamannya.

Seorang fotografer AFP menuturkan, dia melihat para warga sipil menangkapi pendukung Morales di La Paz, dan dibantu oleh aparat penegak hukum.

Toko maupun kantor dilaporkan ditutup pada Senin waktu setempat setelah terjadi penjarahan di kawasan seperti El Alto maupun La Paz sehari sebelumnya.

Sesuai dengan konstitusi, seharusnya setelah presiden mengundurkan diri, maka tongkat estafet kepemimpinan akan diserahkan wakilnya.

Jika tidak, maka bakal berpindah ke ketua Senat atau majelis rendah Kongres. Namun mereka semuanya dilaporkan sudah mengundurkan diri.

Selain mereka, sejumlah menteri Morales dan pejabat tinggi pemerintah mundur, dengan ada yang mencari perlindungan di Kedutaan Besar Meksiko di La Paz.

Baca juga: TV di Rusia Tawarkan Eks Presiden Bolivia Evo Morales Pekerjaan Jadi Presenter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com