Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Marlboro yang Pertama Meninggal di Usia 90 Tanpa Pernah Merokok

Kompas.com - 09/11/2019, 15:30 WIB
Nibras Nada Nailufar

Editor

Sumber People

COLORADO, KOMPAS.com - Robert Norris yang dikenal sebagai pria Marlboro atau "Marlboro Man" yang pertama, meninggal pada 3 November 2019 lalu di kampung halamannya di Colorado, Amerika Serikat.

Uniknya, selama 90 tahun hidupnya, Norris tak pernah merokok. Padahal, selama 14 tahun membintangi iklan Marlboro, selalu ada sebatang rokok di tangan atau bibir Norris.

"Bob tidak pernah menjadi perokok. Ia berhenti bermain iklan karena merasa ia memberi contoh buruk ke anak-anaknya," demikian bunyi obituari Norris seperti dikutip dari People.com.

Keluarga Norris mengaku Norris dilirik Marlboro karena perawakannya yang tinggi dan tampan.

Baca juga: Marlboro Man Meninggal karena Penyakit Terkait Rokok

Saat itu, sekitar tahun 1954, Marlboro ingin meminjam peternakan milik Norris. Marlboro hendak membuat iklan pertama mereka.

Setelah bertemu Norris, perwakilan Marlboro justru tertarik merekrut Norris sebagai bintang iklannya. Model yang dibawa Marlboro pun diganti oleh Norris yang terlihat lebih otentik dan "kotor".

Norris selalu tampil dengan dandanan khas koboi, termasuk topi koboi putihnya yang ikonik.

Selain dikenal sebagai Marlboro Man, Norris juga bersahabat dengan bintang film John Wayne. John Wayne kerap datang di acara penjualan kuda Norris, dan keduanya juga sering terlibat acara amal.

Baca juga: Iklan Marlboro di Inggris Serukan Gerakan Berhenti Merokok

Norris menghabiskan masa tuanya di peternakannya bersama empat anak, 13 cucu, dan 18 cicit. Patung untuk mengenangnya dibangun di Colorado Springs.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber People
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com