Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Diguncang Gempa 5,9, 5 Orang Tewas

Kompas.com - 08/11/2019, 12:51 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

TEHERAN, KOMPAS.com - Sebanyak lima orang diberitakan tewas ketika sebuah gempa berkekuatan 5,9 mengguncang kawasan barat laut Iran.

Pusat seismologi setempat mengemukakan, gempa itu berada sekitar 120 km sebelah tenggara Tabriz, kota di Provinsi Azerbaijan Timur.

Baca juga: Pacitan Diguncang Gempa, Bukti Sesar Grindulu Purba Masih Aktif

Digambarkan berkekuatan "sedang", pusat gempa itu berada di kedalaman delapan kilometer, dan diikuti oleh lima gempa susulan.

Gubernur Azerbaijan Timur, Mohammad-Reza Pourmohammadi mengatakan selain lima orang tewas dan 120 terluka, 30 rumah juga hancur.

Dilansir AFP Jumat (8/11/2019), tim penyelamat dikerahkan setidaknya ke 41 titik desa dan kota. Namun kerusakannya terkonsentrasi di dua wilayah.

Badan Geologi Amerika Serikat (USGS) mengeluarkan peringatan akan adanya korban tambahan, dengan tingkat kerusakan yang menyebar.

Iran berlokasi di dua lempeng tektonik utama, dan menderita karena tertimpa sejumlah gempa besar selama beberapa dekade.

Salah satunya adalah kota kuno di Bam yang hancur karena gempa dahsyat yang terjadi pada 2003 silam, dan membunuh hingga 31.000 orang.

Pada 1990, gempa 7,4 menghantam kawasan utara dan menewaskan 40.000 orang, melukai 300.000, dan membuat puluhan kota dan 2.000 desa luluh lantak.

Adapun dalam 14 tahun terakhir, Iran sudah mengalami dua gempa besar. Yakni satu pada 2005 yang menewaskan 600 orang. Satunya terjadi di 2012 dengan 300 orang tewas.

Baca juga: Gempa Magnitudo 4,8 di Manado, Tak Berpotensi Tsunami

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com