Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Kanada Kisahkan Tepi Jalan Rumahnya yang Rusak pada 1993 Dijadwalkan Diperbaiki 2037 Mendatang

Kompas.com - 06/11/2019, 14:01 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek

WINNIPEG, KOMPAS.com - Seorang pria Kanada mengisahkan tepi jalan di rumahnya yang dirusak pada 1993, baru dijadwalkan diperbaiki di 2037, atau 44 tahun sesudahnya.

Calvin Hawley, warga Winnipeg, menceritakan awalnya tepian di rumahnya rusak akibat terjangan mobil pembersih salju pada Januari 1993.

Baca juga: Viral Video Polisi Jombang Beri Makan dan Cuci Muka ODGJ di Tepi Jalan

Dilansir CBC News via Newsweek Selasa (5/11/2019), dia melaporkan kerusakan itu pada pemerintah kota. Namun tak pernah didatangi.

"Suatu hari, mereka memberi tahu bahwa sistem keluhannya diganti. Karena itu, laporan saya tentang kerusakan itu tidak pernah tercatat," ungkapnya.

Jadi, Hawley pun mengulangi laporannya kepada pemerintah kota yang berada di Provinsi Manitoba, Kanada, selama 24 tahun terakhir.

Dia sempat mendengar ada suara perbaikan jalan di samping rumah. Tetapi, petugas itu memperbaiki tepi jalan yang berada di depan kediamannya.

Hawley kemudian kembali melapor. Akhirnya dia pun mendapat nomor layanan. Namun saat dia mengecek, tertera tanggal perbaikannya adalah 26 Juni 2037.

"Bagaimana ini bisa masuk akal?" tanya Hawley heran mendapati bahwa tepi jalan di tempatnya baru diperbaiki 44 tahun setelah dia melaporkannya pertama kali.

Birokrasi disebut menjadi faktor lamanya keluhan warga baru dilayani, dengan Hawley bukan warga Winnipeg pertama yang harus menunggu sangat lama.

Juru bicara pemerintah menerangkan, mereka perlu menganalisa dulu kerusakannya. Jika memang darurat, bakal mendapat prioritas.

Namun jika tidak, maka akan dimasukkan ke dalam permintaan layanan perawatan, di mana butuh waktu bertahun-tahun sebelum ditangani.

"Jadi dalam kasus itu, jalan regional bisa selesai dalam waktu 5 tahun, non-regional 10 tahun, dan jalan permukiman 20 tahun," terang Ken Allen.

Baca juga: Kisah di Balik Ibu Hamil yang Melahirkan di Tepi Jalan Rusak, Dibantu Warga hingga Ditandu dengan Kain Sarung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com