Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Simpanse di Kebun Binatang China Isap Rokok yang Dilempar Pengunjung

Kompas.com - 05/11/2019, 19:02 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

HEFEI, KOMPAS.com - Sebuah foto yang viral memperlihatkan seekor simpanse mengisap rokok yang dilemparkan seorang pengunjung kebun binatang di kandangnya.

Gambar dari video yang diunggah di media sosial setempat dilaporkan direkam di Kebun Binatang Hefei, berlokasi di Provinsi Anhui.

Baca juga: Serba Serbi Hewan: Kenapa Simpanse Suka Melempar Kotoran ke Manusia?

Potongan video itu memperlihatkan si simpanse sempat memegang rokok yang dilempar pengunjung, sebelum kemudian mengisapnya.

Seorang staf kepada media China The Paper dilansir Daily Mirror Senin (4/11/2019) mengatakan, seorang "turis tak beradab" melemparkannya.

Pegawai yang enggan disebutkan namanya itu menuturkan, kesehatan dari primata itu tidak akan terganggu karena dia baru mengisap sebatang.

"Tidak ada hal buruk yang akan terjadi. Manusia saja sudah merokok selama puluhan tahun. Dia baru mengisap satu batang," terang si pegawai.

Si pekerja mengatakan, sulit bagi dia dan koleganya untuk mengawasi perilaku pengunjung kebun binatang yang jumlahnya begitu besar.

Dilaporkan bahwa ribuan turis berkunjung ke taman itu setiap harinya. Sementara mereka hanya mempunyai sekitar 100 karyawan.

Direktur kebun binatang Zhan kepada Daily Mail menuturkan, simpanse yang viral mengisap rokok bernama Wan Xing, dan berumur 15 tahun.

Zhan mengungkapkan, Wan Xing lahir pada 2004 silam, dan diketahui hidup bersama dengan ayah serta pasangannya bernama Yang Yang.

Pada Juli lalu, Yang Yang sempat membuat kekacauan di taman dengan melarikan diri dari kandangnya menggunakan batang bambu.

Primata itu kemudian dilumpuhkan dengan suntikan penenang, dengan Tuan Zhan mengklaim binatang itu hidup dengan bahagia di kandang.

Merujuk kepada pemberitaan China Daily, Kebun Binatang Hefei adalah rumah bagi 2.000 binatang. Termasuk panda raksasa, gajah India, dan macan tutul.

Pengunjung bisa berjalan-jalan sembari memberi makan hewan-hewan tersebut. Selain itu, mereka juga dimanjakan dengan berbagai atraksi.

Baca juga: Tok! Lukisan Politisi Simpanse Banksy Terjual Seharga Rp 172,9 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com