Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beredar Gambar Babi Hidup Dijadikan Boneka Tes Tabrak, Diduga di China

Kompas.com - 01/11/2019, 17:06 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Sebuah gambar mengerikan memperlihatkan seekor babi dijadikan sebagai boneka tes tabrak, dengan kejadian diduga di China.

Binatang itu terlihat duduk di kursi anak-anak berwarna kuning, dengan dua kaki depannya diikat di bagian depan menggunakan tali.

Baca juga: Hampir 2.000 Ekor Ternak Babi di Sumut Terjangkit Hog Cholera, Amankah Dagingnya Dikonsumsi?

Diduga, babi itu menjadi subyek dari tes tabrak berkecepatan 48 kilometer per jam yang dilakukan oleh peneliti di China. Meski kebenarannya masih diragukan.

Dilaporkan Daily Mirror Kamis (31/01/2019), binatang tersebut diikat menggunakan dua sabuk pengaman, sebelum ditabrakkan di dinding.

Kelompok pembela hak binatang mengaku geram atas kabar ini, di mana tujuh dari 15 ekor babi yang menjadi kelinci percobaan mati.

Diyakini, babi itu tidak mendapat makanan dan minuman beberapa jam sebelum tes "kejam" itu dilakukan guna "mengurangi kegembiraan dan stres".

Banyak dari hewan yang dijadikan sebagai bahan uji coba menderita luka. Seperti pendarahan, koyak, hingga luka di organ dalam.

Kepada harian Jerman Bild, juru bicara organisasi PETA Anne Meinert mengecam adanya foto itu. "Membiarkan hewan pintar dan sensitif seperti babi ditabrakkan di China kejam," ujarnya.

Anggota Partai Green Jerman Renate Kuenast menuturkan, perusahaan yang peduli keselamatan harusnya menggunakan boneka. Bukan babi.

Dikatakan bahwa peneliti yang melakukan tes tersebut menuturkan, mereka menggunakan babi karena punya struktur anatomi "sama" dengan manusia.

Dilansir Daily Mail, peneliti bersikukuh mereka sudah berdasarkan pada panduan AS untuk membentuk laboratorium binatang. Bahwa kebijakan mereka sudah direstui dewan etik.

PETA menyatakan, mereka pernah menggelar aksi protes yang membuat General Motors mengumumkan penghentian tes hewan pada 1993 silam.

"Sangat mengerikan ketika melihat hewan-hewan itu ditabrakkan dengan kecepatan tinggi dalam tes tabrak," terang PETA kembali.

Baca juga: Kembali Mewabah, Kenali Gejala Virus Hog Cholera Pada Babi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com