Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabur dari Rumah Jagal, Sapi 650 Kilogram di Ukraina Ini Tuai Dukungan

Kompas.com - 31/10/2019, 13:31 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SPLIT, KOMPAS.com - Seekor sapi seberat 650 kilogram di Ukraina mendapat dukungan dan perhatian publik setelah berhasil kabur dari rumah jagal.

Sapi bernama Jerry itu menghindari tukang jagalnya, dan kemudian berkeliaran di kawasan kota Split sejak Jumat pekan lalu (25/10/2019).

Baca juga: Demo Mahasiswa di Kendari Ricuh, Polisi Dilempari Kotoran Sapi

Pemilik Jerry dilaporkan menjualnya ke rumah jagal. Namun sebelum dieksekusi, Jerry melarikan diri dari kandang yang dipersiapkan untuk disembelih, dan hilang ke hutan.

Dilansir Oddity Central Rabu (30/10/2019), karyawan tidak bisa menjelaskan bagaimana sapi 650 kilogram itu bisa kabur, dengan insiden tersebut tak sering terjadi.

"Saya benar-benar tidak tahu. Nampaknya kekuatan murni mengalahkan teknologi," ujar pemilik rumah jagal, Petar Skejo, kepada media lokal.

Setelah meloloskan diri dari kandang, Jerry dikabarkan sempat terlihat penduduk di bukit. Namun saat Skejo dan stafnya berusaha menangkap, dia kembali kabur.

Kepada HRT TV, Skejo menerangkan mereka ingin menangkapnya hidup-hidup. Tetapi, Skejo mengklaim Jerry melompat seperti kucing dan menghilang di semak-semak.

Baik Skejo, polisi, hingga pemilik sebelumnya, Ivan Bozic, melakukan pencarian. Bahkan Bozic menggunakan drone yang dilengkapi kamera pendeteksi suhu panas.

Namun hingga kini dia masih belum diketahui. Kisahnya pun menjadi perhatian publik Ukraina, dengan dukungan bertumbuh dari hari ke hari.

Awalnya, support itu berbentuk komentar dan tagar seperti "Tunggu di sana Jerry!" atau "Keadilan untuk Jerry" yang diunggah di media sosial.

Tapi setelah itu, Bozic mengungkapkan dia menerima panggilan di mana publik menawarkan untuk mengadopsi Jerry dan memberikan kebebasan.

Bozic mengatakan, dia berjanji bakal membebaskan Jerry jika bisa tertangkap. Tak dijelaskan apakah dia bakal diserahkan, atau ditempatkan di peternakannya.

"Karena dia berhasil lolos dari kematian, maka tentunya dia akan dibiarkan hidup," terang Bozic kembali.

Baca juga: 2 Pria Curi Sapi di Perkebunan, Ternyata Milik Prajurit TNI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com