Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Belgia Amankan 12 Imigran yang Ditemukan Dalam Pendingin Truk

Kompas.com - 31/10/2019, 06:45 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky News

ANTWERP, KOMPAS.com - Sebanyak 12 orang imigran dilaporkan diselamatkan oleh polisi dari dalam truk pendingin di kawasan utara Belgia.

Para pria yang berasal dari Sudan serta Suriah itu ditemukan oleh penegak hukum di area parkir jalan raya di luar kota Antwerp.

Baca juga: 20 Warga Vietnam Diduga Termasuk 39 Mayat yang Ditemukan dalam Truk Kontainer di Inggris

Polisi bergegas ke lokasi setelah menerima laporan soal sopir truk, yang saat itu mengklaim membawa buah serta sayuran di pendingin.

Dilaporkan Sky News Rabu (30/10/2019), otoritas berwajib menerangkan, 12 imigran yang ditemukan itu bakal dibawa ke kantor imigrasi setempat.

Penemuan itu terjadi sepekan sejak perisitiwa ditemukannya 39 mayat di dalam kontainer truk di Essex, Inggris. Beberapa korban disebut warga negara Vietnam.

Polisi melakukan penyelidikan setelah mayat 31 pria dan delapan perempuan ditemukan pada Rabu dini hari waktu setempat (23/10/2019).

Pejabat Belgia menjelaskan, truk itu datang dari Zeebrugge Selasa (22/10/2019) sebelum dijemput oleh kapal di Purfleet pukul 12.30 Rabu.

Dua kakak beradik bernama Ronan (40) dan Christopher Hughes (34) menjadi buruan polisi buntut penemuan 39 mayat di kontainer truk itu.

Ronan dan Christopher yang berasal dari Armagh, Irlandia Utara, dijerat dengan pasal pembunuhan serta perdagangan manusia, ujar Kepolisian Essex.

Polisi Essex melanjutkan, mereka menginvestigasi temuan kapal yang ditahan di Pelabuhan Dublin adalah kapal yang sama yang membawa truk tersebut.

Polisi Irlandia kemudian mengungkapkan mereka menangkap seorang pria yang menjadi "pihak berkepentingan" dalam penyelidikan mereka.

Baca juga: 6 Warga Vietnam Diduga Masuk 39 Mayat yang Ditemukan Dalam Kontainer Truk

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com