Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter Ini Diam-diam Gunakan Sperma Sendiri untuk Menghamili Pasiennya

Kompas.com - 30/10/2019, 16:12 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

DENVER, KOMPAS.com - Seorang dokter di Colorado, AS, diam-diam menggunakan sperma sendiri untuk menghamili pasien, dan menjadi ayah dari dua anak yang dilahirkan.

Dokter Paul Jones dari Grand Junction menyatakan, dia akan mencaro donor untuk program bayi tabung bagi Cheryl Emmons pada 1980 dan 1985.

Baca juga: Kaget Jadi Ayah 17 Anak, Donor Sperma Ini Tuntut Klinik Kesuburan di AS

Namun yang tak disadari Emmons, Jones menggunakan sperma sendiri, demikian materi gugatan yang disampaikan Pengadilan Distrik Mesa County.

"Dia (Jones) harus mengakui apa yang dia perbuat. Saya ingin bertanya mengapa dia melakukannyam," tegas salah satu putrinya, Maia Emmons-Boring.

Keluarga Emmons dilansir New York Post Selasa (29/10/2019) menyatakan, kemungkinan ada pasien lain yang menjadi korban dari aksi Jones.

Menggunakan situs Ancestry.com dan 23andme.com, Emmons-Boring dan saudarinya, Tahnee Scott, menemukan ada lima saudara kandung yang mereka tak tahu.

Keduanya tidak tahu orangtuanya menjalani program bayi tabung sampai Malam Tahun Baru 2018, ketika mereka mendapat surat dari Ancestry.

"Sepertinya kita berdua sangat mendekati. Jadi, saya asumsikan bahwa kita adalah saudara kandung," ujar orang asing dalam surat kepada Emmons-Boring.

Keduanya kemudian mendesak Cheryl, yang mengaku dia datang ke Jones pada akhir 1970-an karena suaminya, John, menjalani operasi kanker testis.

Upaya bayi tabung pun terjadi. Jones mengurus dari awal hingga akhir. Bahkan, dia sempat berfoto ketika Cheryl melahirkan dua anaknya.

Saat dikonfrontasi, Jones kepada KUSA-TV menolak untuk menjawab apakah dia menggunakan spermanya, dan menyebut pertanyaan itu "kurang ajar".

"Saya tidak akan membantahnya atau mengakuinya," tegas Jones. Dia dituduh atas kelalain, penipuan, dan dituntut ganti rugi.

Baca juga: Infeksi Parasit Jadi Penyebab Kematian Paus Sperma di Bali

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com