Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikan Daftar Menu yang Tak Ada Harganya, Restoran di Peru Didenda Rp 870 Juta

Kompas.com - 30/10/2019, 12:22 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

LIMA, KOMPAS.xom - Sebuah restoran terkenal di Peru mendapat denda Rp 870 juta setelah menyajikan menu yang tidak ada harganya kepada pelanggan perempuan.

La Rosa Nautica, restoran mewah yang menghadap ke laut di Lima diharuskan membayar denda setidaknya 62.000 dollar AS, atau Rp 870 juta.

Baca juga: Restoran di Belgia Ini Sajikan Air Minum Daur Ulang dari Toilet

Sebabnya, mereka menyajikan buku menu kepada pelanggan perempuan yang tengah makan malam bersama pria, dilaporkan Oddity Central Selasa (29/10/2019).

Sementara si pria mendapat buku biru yang menampilkan daftar makanan beserta harga, si pelanggan wanita menerima buku emas yang tak menyajikan daftar harga.

Si pemilik restoran bersikukuh menyatakan kebijakan itu mereka buat agar perempuan bisa menikmati makan malam tanp harus khawatir mahal.

Namun, Institut Nasional untuk Persaingan Bebas dan Perlindungan Kekayaan Intelektual menganggap mereka melakukan diskriminasi.

Dalam rapat dengar pendapat pekan lalu, pejabat lembaga tersebut, Liliana Cerron, mengatakan perempuan berhak mendapat akses yang sama dengan pria.

"Mungkin kelihatannya sepele. Namun pada akhirnya, mereka memaksakan sikap chauvinis dengan membedakan pria dan wanita," keluh Cerron.

Selain denda, La Rosa Nautica juga diharuskan untuk membagikan menu yang sama, melatih stafnya, dan memasang tanda toleransi tak akan dibiarkan.

Baca juga: Restoran Khusus Indomie Bakal Dibuka di Singapura

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com