Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

300 Polisi Militer Rusia Sampai di Suriah untuk Patroli Perbatasan

Kompas.com - 25/10/2019, 17:24 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia menyatakan, sebanyak 300 personel polisi militer sudah sampai di Suriah untuk melakukan patroli perbatasan dengan Turki.

Dalam keterangan kementerian pertahanan dilansir AFP Jumat (26/10/2019), polisi militer itu didatangkan dari Region Chechnya.

Baca juga: Warga Kurdi Suriah Lempari Kendaraan Militer AS dengan Batu dan Tomat Busuk

Rusia menuturkan, nantinya mereka akan bertugas memastikan populasi, dan membantu menjauhkan milisi Kurdi sejauh 30 km dari perbatasan Turki dan Suriah.

Selain itu, kementerian pertahanan juga menuturkan sebanyak 20 kendaraan lapis baja juga diterbangkan ke Suriah untuk membantu tugas.

Pekan ini, Rusia dan Turki menandatangani kesepakatan di mana polisi militer dan pasukan perbatasan Suriah "menghapus" Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG).

Kesepakatan itu diambil setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Sochi, Selasa (22/10/2019).

Adapun setelah kesepakatan dicapai, Kremlin langsung memberangkatkan unit polisi militernya untuk berpatroli keesokan harinya (23/10/2019).

Perjanjian itu tercapi setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan penarikan pasukan dari Suriah, dan memberi jalan Ankara menyerang milisi Kurdi.

Namun pada Kamis (24/10/2019), Trump mengumumkan dia masih mempertahankan sejumlah kecil tentara untuk mempertahankan ladang minyak di timur laut Suriah.

Baca juga: Konflik Suriah: Turki dan Rusia Umumkan Gencatan Senjata Bersejarah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com