Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Restoran di Belgia Ini Sajikan Air Minum Daur Ulang dari Toilet

Kompas.com - 21/10/2019, 18:10 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KUURNE, KOMPAS.com - Sebuah restoran di Belgia mengungkapkan, mereka mulai menyajikan air minum gratis hasil daur ulang wastafel dan toilet.

Sekilas, air yang disajikan di Gust’eaux di Kuurne sama dengan air biasa. Yakni tidak berbau, tidak berasa, maupun tak berwarna.

Baca juga: Fakta Sumur Ajaib di Cianjur, Tak Pernah Kering meski Kemarau hingga Diincar Perusahaan Air Minum

Karena itu seperti diberitakan Oddity Central, sulit untuk tidak mengatakan bahwa air minum yang disajikan restoran ini hasil daur ulang toilet.

Menggunakan metode pemurnian lima langkah, Gust’eaux mampu mengubah limbahnya menjadi air, dan ditambahkan mineral sebelum disajikan ke pelanggan.

Restoran Belgia ini disebut tidak terhubung dengan saluran pembuangan kota, sehingga manajemen harus mencari solusi mengatasi masalah limbah.

Berdasarkan metode unik daur ulang, toilet dan air wastafel awalnya "dibersihkan" menggunakan pupuk tanaman. Sebagian dicampur dengan air hujan yang dikumpulkan.

Air yang dicampur dengan air hujan bakal digunakan menyiram toilet. Sisanya melewati serangkaian pemurnian sebelum menjadi air minum yang dihidangkan.

Äir itu terlalu murni untuk diminum. Jadi kami menambahkan mineral guna membuatnya lebih sehat," ujar perwakilan restoran kepada VRT News.

Restoran menyatakan, mereka menyajikan air daur ulang itu dalam berbagai bentuk. Baik itu diminum, berbentuk es batu, hingga menyeduh bir.

Menurut Sudinfo, sistem pemurnian seperti di Gust’eaux pernah digunakan untuk menyediakan air minum di komunitas yang terpencil.

Tetapi, pengalaman tersebut belum terjadi di Eropa.

Baca juga: Tak Pernah Kering, Sumur “Ajaib” di Cianjur Pernah Diincar Perusahaan Air Minum

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com