Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahathir Tiba di Jakarta untuk Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin

Kompas.com - 20/10/2019, 14:25 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dilaporkan tiba di Jakarta untuk hadir dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin.

Pesawat kenegaraan yang mengangkut rombongan Mahathir serta istri, Tun Siti Hasmah Mohd Ali, tiba di Bandara Halim Perdanakusuma pukul 10.51 WIB.

Baca juga: Mahathir Mohammad Akan Hadiri Pelantikan Presiden RI 2019-2024 Besok

Dilansir New Straits Times Minggu (20/10/2019), PM Mahathir dan istri disambut antara lain Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah.

Kemudian Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, serta Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Zainal Abidin Bakar.

Jokowi dan Ma'ruf Amin bakal membacakan sumpah pelantikan di hadapan MPR Minggu ini, setelah menang dalam Pemilihan Umum 17 April.

Presiden petahana itu mengandaskan penantangnya Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Sandiaga Uno, setelah meraup 55 persen suara.

Duta Besar Zainal Abidin mengatakan, kedatangan PM berjuluk Dr M itu adalah wujud dekatnya hubungan antara dua pemimpin negara tetangga.

Karena itu, kemenangan Jokowi di periode kedua bakal membuka sebuah lembaran baru dan peningkatan hubungan antara Indonesia dan Malaysia.

Sebelumnya, Mahathir sempat mengucapkan selamat atas pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin. "Saya berharap kerja sama di antara dua negara bakal lebih erat," ujarnya.

Selain Mahathir, kantor berita Bernama memberitakan setidaknya ada 17 pemimpin negara asing yang memastikan hadir dalam pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Di antaranya adalah Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loon, maupun Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

Baca juga: Hadiri Pelantikan Jokowi-Maruf, Jusuf Kalla Bertolak ke DPR

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com