Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2019, 22:51 WIB
Agni Vidya Perdana

Editor

KAIRO, KOMPAS.com - Seorang pilot Mesir dijatuhi sanksi larangan terbang seumur hidup setelah dinyatakan bersalah karena mengizinkan seseorang yang tidak berwenang memasuki kokpit dan memegang kendali pesawat.

Diberitakan BBC, Kementerian Penerbangan Sipil Mesir mengatakan pilot tersebut dilarang terbang seumur hidup setelah membiarkan seorang penyanyi terkenal memasuki ruang kokpit pesawat.

Tak hanya itu, penyanyi bernama Mohamed Ramadan itu juga memegang kendali pesawat yang sedang dalam penerbangan dari Mesir menuju Riyadh, Arab Saudi.

Ramadan mengunggah video pendek saat dia masuk ke ruang kokpit dan duduk di kursi kopilot ke media sosial.

Baca juga: Gara-gara Bau Durian, Pilot Pesawat Air Canada Umumkan Keadaan Darurat

Dalam video berdurasi 60 detik itu juga memperlihatkan saat sang penyanyi memegang tuas kendali pesawat sambil berkata, "Saya bersumpah demi Tuhan, saya menerbangkan pesawat ini".

Akibat kejadian itu, kopilot pesawat dijatuhi sanksi diskors larangan terbang selama setahun, sementara direktur utama maskapai penerbangan mengundurkan diri dari jabatannya.

Rekaman video itu diunggah pada Minggu (13/10/2019) lalu dan mendorong Kementerian Penerbangan Sipil untuk menggelar penyelidikan.

Menurut surat kabar Egypt Independent, pemilik pesawat itu adalah sebuah maskapai penerbangan swasta, yang namanya masih dirahasiakan, dan bukan dari maskapai utama Mesir, Egypt Air.

Baca juga: Pilot Tumpahkan Kopi di Kokpit, Pesawat Mendarat Darurat

Pihak kementerian juga menginterogasi pilot dan kopilot pesawat itu karena pelanggaran serius terhadap aturan dan instruksi penerbangan sipil Mesir, serta mendatangkan risiko besar bagi keselamatan penumpang.

Media-media lokal Mesir memberitakan insiden itu terjadis dalam penerbangan menuju Riyadh, Arab Saudi, di mana Mohamed Ramadan akan menjadi salah satu pengisi acara di festival hiburan, Riyadh Season, atas undangan otoritas kerajaan Arab Saudi.

Maskapai penerbangan utama Mesir, Egypt Air, telah membantah kejadian dalam video itu terjadi di pesawat mereka, seraya menekankan bahwa hal itu melanggar prosedur keselamatan penerbangan.

Sumber di kalangan penerbangan yang dikutip Egypt Independent mengatakan, pesawat itu termasuk golongan pesawat Cessna Citation yang melakukan perjalanan khusus menuju Riyadh.

Baca juga: Asap Muncul dari Kokpit, Pesawat Boeing 787 United Airlines Mendarat Darurat di New Caledonia

Dalam penerbangan, Ramadan memasuki kabin dan duduk di kursi kopilot saat pesawat sedang terbang dalam keadaan autopilot.

Sumber di kalangan penerbangan menyatakan kesalahan yang dibuat oleh awak pesawat itu adalah mengizinkan Mohamed Ramadan untuk masuk ke dalam kabin pilot dan memfilmkan hal itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com