Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Rusia yang Klaim Apple Mengubahnya Jadi Gay Cabut Gugatan

Kompas.com - 17/10/2019, 17:28 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Pria Rusia yang mengklaim Apple sudah mengubahnya menjadi gay dilaporkan mencabut gugatan karena ketakutan akan kehidupan pribadinya.

Si pengacara, Sapizhat Gusnieva, yang mengungkapkan keinginan kliennya itu di hadapan awak media setelah sidang pertama di pengadilan MOskwa.

Baca juga: Pria Rusia Gugat Apple karena Membuatnya Menjadi Gay

"Dia tidak ingin melanjutkan gugatan ini," terang Gugatan mengomentari pria bernama DE Razumilov, seperti dikutip AFP Kamis (17/10/2019).

Gusnieva mengatakan, Razumilov menghadapi tekanan daring setelah para haters menemukan informasi pribadinya, dan pendukung Apple menulis kecaman untuknya.

Dia memutuskan untuk tidak lagi melanjutkan gugatan karena dia harus hadir dalam rangkaian sidang, dan berpotensi menerima hujatan lebih banyak.

Dalam materi awalnya, Razumilov mengklaim Apple mengubahnya menjadi gay lantaran saat itu, dia tengah memesan Bitcoin melalui aplikasi iPhone.

Namun yang keluar malah mata uang lain bernama "GayCoin" disertai dengan catatan "jangan menyimpulkan sebelum Anda mencobanya".

Setelah itu, pria Rusia tersebut mengklaim dia putus dengan pacarnya dan menjalin hubungan dengan pria, yang membuatnya malu.

Razumilov menuntut ganti rugi 1 juta rubel, sekitar Rp 221,1 juta, dari Apple, dengan juru bicara menolak berkomentar dalam sidang.

Homofobia diberitakan masih berkembang di Rusia di mana terdapat laporan serangan dan pelanggaran hak terhadap kalangan LGBT.

Pada 2013, MOskwa sempat memperkenalkan aturan yang menentang "propaganda gay", di mana UU itu melarang segala "promosi gaya hidup non-tradisional bagi anak di bawah umur".

Namun pada dasarnya, peraturan tersebut melarang aktivitas LGBT meski masih dilaporkan ada kegiatan di sejumlah kota besar Negeri "Beruang Merah".

Baca juga: Polisi Masih Buru Penyebar Poster Hoaks Private Party Gay di Serpong

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com