Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pusat Evakuasi di Jepang Dilaporkan Tolak Dua Tunawisma saat Bencana Topan Hagibis Menerjang

Kompas.com - 15/10/2019, 20:00 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TOKYO, KOMPAS.com - Sebuah pusat evakuasi bencana di Jepang menuai kecaman setelah dikabarkan menolak dua orang tunawisma saat Topan Hagibis menerjang, akhir pekan lalu.

Staf di pusat evakuasi di sebuah sekolah di wilayah Taito dikabarkan telah menolak dua orang tunawisma untuk masuk pada saat terjadinya terjangan Topan Hagibis, pada Sabtu (12/10/2019).

Staf di pusat evakuasi beralasan, kedua tunawisma itu tidak diperbolehkan masuk karena tidak memiliki alamat tempat tinggal di daerah itu.

Staf itu mengatakan bahwa tempat penampungan itu hanya bagi warga di lingkungan sekitar, menurut seorang pejabat setempat.

"Saat itu angin kencang dan hujan deras, dan saya ingin mereka membiarkan saya masuk," kata seorang tunawisma, kepada surat kabar Asahi.

Baca juga: Siaran Langsung di Tengah Topan Hagibis, Jurnalis Ini Malah Dimarahi Netizen

Pria tunawisma berusia 64 tahun itu mengatakan bahwa dirinya telah tiba di pusat evakuasi sejak Sabtu pagi. Dia diminta untuk menuliskan nama dan alamat tempat tinggalnya.

Namun ketika dia mengatakan memiliki alamat di Hokkaido, staf pusat evakuasi menolaknya masuk karena dia bukan penduduk setempat.

Surat kabar itu menambahkan, seorang pria tunawisma lainnya yang datang pada sore hari juga telah ditolak masuk gedung pusat evakuasi.

Tidak adal laporan korban tewas akibat terjangan Topan Hagibis di Tokyo, yang sampai di daratan Jepang pada Sabtu malam.

Namun topan yang membawa angin kencang dan hujan deras itu telah menewaskan hingga 66 orang di wilayah lain yang dilaluinya.

Baca juga: Dampak Topan Hagibis, Kawanan Tikus Serbu Kota Ini di Jepang

Jumlah korban tewas itu dimungkinkan bertambah mengingat upaya pencarian yang masih dilakukan.

Namun tindakan staf pusat evakuasi yang menolak dua tunawisma itu telah memicu kecaman dari pengguna internet di Jepang, dengan beberapa di antaranya menyebut tindakan mereka sebagai pelanggaran hak asasi manusia.

"Apakah ini negara yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade di Tokyo? Orang-orang di luar negeri akan melihat ini dan berpikir ini adalah negara yang mengerikan," tulis salah satu komentar di Twitter.

Perdana Menteri Shinzo Abe, mengatakan bakal memeriksa kebenaran insiden itu dan menjanjikan tindakan yang sesuai.

"Pusat-pusat evakuasi seharusnya mengizinkan siapa pun yang datang untuk mengungsi. Kami akan memeriksa fakta yang ada dan mengambil tindakan yang sesuai," ujarnya menjawab pertanyaan oposisi di parlemen.

Baca juga: Korban Tewas Topan Hagibis Capai 35 Orang, Tim Penyelamat Jepang Terus Lakukan Pencarian

Sementara otoritas wilayah Taito mengatakan bakal meninjau prosedur yang ada untuk membantu orang-orang tanpa alamat setempat.

"Kami sangat meminta maaf atas cara kami berurusan dengan orang-orang tanpa alamat yang tidak memadai sehingga mereka tidak bisa masuk ke penampungan," ujar wali kota Taito, Yukuo Hattori, dalam pernyataan resmi.

"Kami akan bekerja sama dengan pihak terkait dan mempertimbangkan langkah-langkah untuk mendukung semua orang pada saat bencana," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com