Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2019, 16:10 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

QAMISHLI, KOMPAS.com - Seorang politisi perempuan Kurdi dilaporkan disergap dan ditembak mati oleh milisi pemberontak Suriah yang mendukung Turki.

Hevrin Khalaf, Sekretaris Jenderal Partai Masa Depan Suriah bersama sopirnya disergap pada Sabtu (12/10/2019), dilaporkan The Independent Minggu (13/10/2019).

Dia ditembak mati oleh pemberontak pendukung Turki, bersama laporan eksekusi lain yang diungkapkan Observatorium HAM untuk Suriah (SOHR).

Baca juga: Sepakat Bantu Kurdi Hadapi Turki, Pasukan Pemerintah Suriah Bergerak ke Perbatasan

"Sembilan warga lain juga dieksekusi dalam berbagai kesempatan di kawasan selatan kota Tal Abyad," demikian keterangan SOHR.

Sayap politik dari Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin Kurdi menyatakan, Khalaf ditarik keluar dari mobilnya sebelum ditembak mati.

"Ini adalah bukti nyata bahwa Turki terus melanjutkan kejahatannya terhadap warga sipil tak bersenjata," terang sayap politik tersebut.

Turki dan proksinya memulai Operation Peace Spring pada Rabu (9/10/2019) dengan menggempur Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG).

YPG merupakan tulang punggung SDF yang bersama Amerika Serikat (AS), melaksanakan operasi menumpas Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Ankara menuding YPG sebagai teroris karena dianggap berhubungan dengan Partai Rakyat Kurdistan (PKK) yang disebut pemberontak di Turki.

Partai Masa Depan Suriah mengungkapkan rasa duka cita atas kematian Khalaf, yang video eksekusinya tersebar di media sosial.

Meski SOHR sudah mengonfirmasi kebenaran video tersebut, media arus utama seperti AFP tidak bisa langsung memberikan kepastian.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS kepada Reuters menyatakan, mereka sudah melihat rekaman itu dan bakal menyelidikinya.

"Kami laporan ini sangat mengganggu, mencerminkan destabilisasi keseluruhan timur laut Suriah sejak dimulainya konflik," ujar juru bicara itu.

SOHR mengatakan, eksekusi Khalaf dan sembilan warga lain membuat jumlah korban tewas dari kalangan sipil bertambah menjadi 38 orang.

Sementara total anggota milisi Kurdi yang gugur tercatat di angka 81, demikian laporan dari organisasi yang berbasis di Inggris itu.

Baca juga: Video Ungkap Detik-detik Tawanan ISIS Kabur dari Penjara Kurdi Suriah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com