Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Presiden Singapura Serahkan Penghargaan Wirausaha kepada Kaesang

Kompas.com - 09/10/2019, 20:39 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Presiden Singapura Halimah Yacob memberikan penghargaan wirausaha kepada putra Presiden Joko Widodo, Jokowi, Kaesang Pangarep, dalam wisuda di Singapore University of Social Sciences (SUSS).

Presiden Halimah hadir bersama dengan Menteri Pendidikan Ong Ye Kung sebagai pelindung dalam acara yang digelar pada Rabu (9/10/2019).

Baca juga: Status Kaesang sebagai Putra Presiden Jokowi Terungkap Saat Wisuda, Wisudawan di Singapura Terkejut

Presiden Singapura berusia 65 tahun itu memberikan SUSS-EMP Alumni Entrepreneurship Award kepada Kaesang dalam upacara wisuda.

Dilansir Straits Times, putra bungsu Presiden Jokowi itu merupakan satu dari tiga wisudawan yang mendapatkan penghargaan wirausaha.

Penghargaan itu menitikberatkan pada prestasi wisudawan yang menunjukkan sisi kewiraushaan seperti kepemimpinan dan potensi untuk mencapai dampak positif bagi masyarakat.

Selama empat tahun menempuh pendidikan di Negeri "Singa", Kaesang sudah mendirikan enam bisnis. Yang terakhir adalah Ternakopi.

Bisnis pertamanya adalah Sang Javas yang dia buat sebelum masuk ke SUSS. Setelah itu, pemuda 24 tahun tersebut merintis usaha lainnya.

Selama empat tahun, dia membentuk Sang Pisang, perusahaan papan permainan Hompimpagames, aplikasi makanan Madhang.id, Kaetering, hingga Ternakopi.

Kaesang mengatakan kepada awak media seusai wisuda, dia menjadikan sang ayah dan kakaknya, Gibran Rakabuming, sebagai mentor.

"Ayah saya adalah pengusaha sebelum terjun ke politik. Kemudian kakak saya juga pebisnis. Karena itu saya tertarik ke bisnis," ujarnya.

Dia menuturkan membagi waktunya sebagai mahasiswa SUSS dan megelola usahanya menjadi tantangan tersendiri. Untungnya, lanjutnya, kuliahnya tergolong fleksibel.

Selain itu, dia juga mendapat kursus soal strategis bisnis. Di mana dia mempelajari menyusun cara sebelum memulai usaha. "Modul itu membantu," jelasnya.

Pengusaha muda itu juga terbilang cukup aktif di media sosial, di mana dia mempunyai akun YouTube dan Instagram dengan 1,6 juta pengikut.

Baca juga: Usai Bertemu PM Singapura, Jokowi Hadiri Wisuda Kaesang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com