Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Izinkan Wanita Hadiri Pertandingan Sepak Bola untuk Pertama Kali dalam 40 Tahun

Kompas.com - 09/10/2019, 11:44 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TEHERAN, KOMPAS.com - Pemerintah Iran menepati janjinya untuk mengizinkan kaum wanita menyaksikan pertandingan sepak bola di stadion untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade.

Para wanita penggemar olahraga sepak bola dipastikan bakal bisa hadir untuk menyaksikan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Iran melawan Kamboja di Stadion Azadi, Teheran, pada Kamis (10/10/2019).

Hal tersebut setelah organisasi sepak bola dunia, FIFA, mengancam bakal mencoret tim nasional Iran jika tidak mengubah kebijakan kontroversialnya yang hanya memperbolehkan kaum pria untuk menonton pertandingan di stadion.

Iran telah melarang penonton wanita dari menyaksikan pertandingan sepak bola secara langsung di stadion sejak sekitar 40 tahun lalu, dengan ulama berpendapat bahwa kaum wanita harus dilindungi dari atmosfer maskulin dan memandang pria berpakaian semi-terbuka.

Baca juga: Iran Jamin Izinkan Wanita ke Stadion untuk Tonton Laga Kualifikasi Piala Dunia di Teheran

Namun untuk pertandingan Kamis mendatang, para wanita dapat membeli tiket yang telah mulai dijual.

"Penjualan tiket tahap pertama langsung habis dalam waktu kurang dari satu jam dan tiket untuk kursi tambahan juga ludes dalam waktu singkat," tulis media pemerintah.

Seorang pejabat kementerian olahraga Iran mengatakan bahwa stadion berkapasitas hingga 100.000 penonton itu siap menampung lebih banyak wanita, dengan 3.500 wanita dipastikan telah memegang tiket pertandingan.

"Saya masih belum percaya ini akan terjadi karena setelah bertahun-tahun bekerja di bidang ini dengan menonton semuanya di televisi, sekarang saya akan dapat mengalami semuanya secara langsung," kata Raha Poorbakhsh, seorang jurnalis sepakbola.

Baca juga: Ditangkap karena Menonton Laga Sepak Bola di Stadion, Seorang Wanita Iran Tewas Bakar Diri

Meski mengizinkan wanita untuk memasuki kawasan stadion dan menyaksikan pertandingan, namun mereka akan tetap dipisahkan dari penonton pria, dengan sekitar 150 polisi wanita akan ditempatkan untuk turut mengawasi, demikian menurut kantor berita Fars.

Desakan kepada pemerintah Iran untuk menghapus aturan yang melarang kaum wanita menonton pertandingan di stadion semakin kuat setelah insiden seorang wanita penggemar sepakbola meninggal usai membakar dirinya sendiri.

Wanita yang kemudian dijuluki sebagai "Gadis Biru" itu nekat bakar diri setelah terancam bakal dipenjara, usai ditahan karena masuk ke stadion untuk menghadiri pertandingan dengan berpakaian sebagai laki-laki.

Gadis bernama Sahar Khodayari itu meninggal bulan lalu akibat luka bakar yang dialaminya.

Kematian Sahar telah memicu kemarahan dari warga, dengan banyak yang mendesak FIFA untuk melarang tim sepakbola nasional Iran dan mengajak para penggemar sepakbola untuk memboikot pertandingan.

Baca juga: Pengadilan Iran Selidiki Kasus Perempuan Bakar Diri Usai Ditahan karena Menonton Sepak Bola

Larangan untuk wanita memasuki kawasan stadion tidak tertulis dalam undang-undang namun telah ditegakkan dengan ketat.

Sejak revolusi Islam 1979, wanita hanya memiliki akses terbatas ke stadion di Iran. Sementara pada 2005, sejumlah wanita Iran diizinkan menonton laga tim nasional di Bahrain.

Oktober lalu, sebanyak 100 wanita Iran terpilih telah diizinkan memasuki stadion Azadi untuk menyaksikan pertandingan persahabatan antara timnas negara itu dengan Bolivia.

Namun sehari setelahnya, jaksa penuntut umum memperingatkan agar hal tersebut tidak terulang degan mengatakan bahwa tindakan itu akan "mengarah pada dosa".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com