Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara kepada AS: Kami Tak Berniat Melanjutkan Negosiasi Memuakkan Ini

Kompas.com - 07/10/2019, 20:46 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

PYONGYANG, KOMPAS.com - Korea Utara menuduh, Amerika Serikat (AS) menggunakan "kebijakan bermusuhan" yang berujung pada gagalnya perundingan mereka.

Pernyataan penyebab kegagalan negosiasi yang digelar di Stockholm, Swedia, pada Sabtu (5/10/2019) dirilis oleh Kementerian Luar Negeri Korut.

Baca juga: Korea Utara Tak Berniat Melanjutkan Perundingan Nuklir dengan AS, Kecuali..

Dilansir Russian Today Minggu (6/10/2019), Korea Utara menyatakan, negosiasi dengan AS di akhir pekan tidak "memenuhi ekspektasi" mereka.

Komentar Pyongyang itu terjadi setelah Kementerian Luar Negeri AS menyatakan, negara komunis itu sepakat melanjutkan dialog dua pekan mendatang.

Sementara ketua negosiator nuklir Korut, Kim Myong Gil mengatakan, pembicaraan itu sama sekali mencerminkan "semangat" dari dialog.

Korea Utara menuduh, Washington tidak melakukan persiapan karena hanya meminta hal yang sama, dan menjadikan pertemuan ini demi kepentingan politik domestik mereka.

Pendekatan itu, kata Korut, membuat mereka skeptis jika AS memang berniat memulihkan relasi bilateral mereka, dan menegaskan mereka tak berniat melanjutkannya.

"Kami tak berniat melanjutkan negosiasi memuakkan ini sebelum AS mengambil langkah substansial, dan mencabut kebijakan bermussuhan terhadap kami," ujar Korut.

Pyongyang melanjutkan, mereka sudah mempunyai solusi bagaimana denuklirisasi bakal terjadi. Sisanya tergantung sikap AS dengan tahun ini merupakan tenggat waktu.

Selama satu tahun terakhir Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sudah bertemu sebanyak tiga kali.

Namun, pertemuan kedua di Hanoi, Vietnam, pada Februari lalu berakhir buntu karena masing-masing mempertahankan definisi denuklirisasi mereka.

Kemudian pada pekan lalu, Korea Utara diketahui menembakkan rudal balistik dari bawah air yang salah satunya jatuh di perairan Jepang.

Baca juga: Meski Korea Utara Uji Coba Rudal Balistik, Trump Ingin Perundingan Jalan Terus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com