Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus Beri Pesan Saat Lantik Uskup Agung Ignatius Suharyo sebagai Kardinal

Kompas.com - 07/10/2019, 18:45 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Paus Fransiskus memberikan pesan perlunya menerapkan cinta kasih, pelayanan, dan pengorbanan saat melantik para Kardinal.

Dalam upacara pelantikan yang digelar Sabtu sore di Vatikan (5/10/2019), Paus menyampaikan khotbah berdasarkan Injil Markus 6: 30-37a tentang belas kasih Yesus.

Baca juga: Hari Ini, Paus Fransiskus Bakal Lantik Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo sebagai Kardinal

Di khotbahnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Paus Fransiskus menyampaikan bagaimana kasih Tuhan bukanlah sikap santai dan sporadis, tetapi berkelanjutan.

Paus menerangkan, tugas seorang Kardinal tidak cukup dengan bebelas kasih, di mana dia menggunakan perumpamaan imam yang sekadar melewati pria sekarat di sisi jalan.

Dia kemudian menyatakan bahwa menjadi Kardinal, berarti individu tersebut harus siap untuk mengaplikasikan belas kasih dalam kesadaran mereka.

"Kesiapsediaan Kardinal untuk memberikan darah mereka, ditandai dengan jubah merah, aman ketika berakar dalam kesadaran belas kasih," ujarnya.

Dalam 13 kardinal baru yang ditunjuk oleh Paus Fransiskus, terdapat Uskup Agung Jakarta Kardinal Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo.

Uskup Agung Suharyo bakal menjadi kardinal ketiga yang dimiliki Gereja Katolik Indonesia, setelah Kardinal Justinus Darmojuwono, dan Kardinal Julius Darmaatmadja.

Kardinal Julius Darmojuwono dilantik pada 1967, di sela pengabdiannya sebagai Uskup Agung Semarang periode 1963 sampai 1981 silam.

Sementara Julius Darmaatmadja yang merupakan pendahulu Mgr Suharyo sebagai Uskup Agung Jakarta periode 1996 sampai 2010, dilantik pada 1994.

Paus Fransiskus mengumumkan Uskup Ignatius Suharyo sebagai kardinal pada 1 September lalu, seusai Doa Malaikat Tuhan (Angelus) pukul 12.00 waktu lokal.

Misa pelantikan itu dihadiri oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, Menteri ESDM Ignatius Jonan, dan Duta Besar RI untuk Takhta Suci Vatikan Antonius Agus Sriyono.

Nantinya, KBRI untuk Takhta Suci Vatikan bakal digelar oleh Kardinal Ignatius Suharyo bakal digelar pada Selasa (8/10/2019).

Baca juga: Sekilas tentang Kardinal, “Engsel”-nya Sri Paus di Seluruh Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com