Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Demonstrasi Hong Kong, Inilah Sosok "Malaikat Pelindung" Demonstran dan Polisi

Kompas.com - 05/10/2019, 18:23 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

HONG KONG, KOMPAS.com - Mereka mengenakan rompi kuning cerah, usia mereka juga begitu senja. Namun mereka dengan sigap bergerak ketika bentrokan dalam demonstrasi Hong Kong terjadi.

Seperti misalnya dalam kerusuhan di sebuah mal Minggu (29/9/2019). Saat itu, sekelompok demonstran berlindung dari polisi dengan berdiri di belakang warga lansia itu.

Dalam rompinya, tercetak tulisan "Protect the Children". Sebuah kelompok yang lahir sebagai respons atas semakin brutalnya polisi dalam menangani demonstran dalam demonstrasi Hong Kong.

Baca juga: Bocah 14 Tahun Ditembak di Kaki dalam Demonstrasi Hong Kong

"Mengapa kalian terus menangapi orang-orang? Mereka generasi muda Hong Kong. Mereka mencintai demokrasi," teriak Paman Wong yang berusia 82 tahun.

Dengan gagah seperti dilansir SCMP Sabtu (5/10/2019), dia menghadapi unit taktis khusus polisi, dikenal sebagai Raptors, dalam menangkal pendemo.

Meski usianya begitu senja, Paman Wong menjadi "Malaikat Pelindung" dengan berdiri di antara demonstran dan polisi, dan berharap ketegangan mereda.

Beberapa menit sebelum konfrontasi, dia bersandar ke dinding, matanya terpejam. Nampaknya dia kesakitan dengan gas air mata yang ditembakkan.

Para pengunjuk rasa yang berada di dekatnya, baik tua atau pun muda, segera berkumpul. Mereka memberikannya air atau menyemangatinya.

Gambar Paman Wong membawa tongkat di atas kepalanya, dan berdiri gagah menghadapi polisi anti-huru hara menjadi satu faktor yang menentukan dalam demonstrasi Hong Kong.

Bersama relawan lain seperti Paman Chan (73) dan warga lansia lainnya, mereka menjadi "Malaikat Pelindung" dan meminta kedua kubu mempertimbangkan dampak aksi untuk mendinginkan situasi.

Dia menuturkan situasi yang dihadapinya sangat berbahaya. Apalagi ketika dia berada di tengah kepulan asap gas air mata atau semprotan merica.

"Namun yang bisa kami lakukan hanyalah berdiri selama 2-3 detik di depan polisi, dan meminta mereka supaya keadaan mereda," katanya.

Dia menjelaskan jika nantinya polisi membubarkan diri, mereka merasa senang. Sebab, ancaman yang dihadapi demonstran adalah 10 tahun penjara.

Baca juga: China Dukung Larangan Pakai Penutup Wajah dalam Demonstrasi Hong Kong

"Lebih baik mereka membunuh saya daripada anak-anak itu. Kami sudah tua. Namun mereka adalah generasi muda Hong KOng," kata Wong dikutip AFP via Hong Kong Free Press.

Sama seperti koleganya, Paman Chan sudah siap jika sewaktu-waktu dia ditangkap polisi. "Namun mereka harus punya alasan yang masuk akal," bebernya.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com