Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Berpisau Serang Markas Polisi di Paris, Empat Petugas Tewas

Kompas.com - 03/10/2019, 21:37 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Reuters,AFP

PARIS, KOMPAS.com - Seorang pria yang membawa pisau secara tiba-tiba menyerang para petugas di markas polisi kota Paris, Kamis (3/10/219).

Empat petugas polisi dilaporkan tewas akibat tikaman pisau, sementara pelaku penyerangan ditembak mati.

Dilansir AFP, pelaku penyerangan diketahui adalah salah seorang pekerja administratif di markas polisi, namun belum ada penjelasan tentang tugasnya yang sebenarnya.

Polisi segera menutup area di sekitar kantor polisi, yang biasanya penuh dengan turis, karena berada di dekat tempat wisata bersejarah di Paris, seperti katedral Notre-Dame.

Penutupan oleh polisi juga dilakukan di stasiun metro yang terdekat dengan lokasi markas polisi dengan alasan keamanan.

Baca juga: Suhu Panas Landa Paris, Gereja Notre Dame Pun Terancam

Puluhan polisi dan kendaraan darurat ditempatkan di lokasi kejadian, demikian dilaporkan wartawan AFP.

Sebuah pesan darurat disiarkan melaliu pengeras suara di gedung pengadilan yang bersebelahan dengan kantor polisi, mengumumkan tentang insiden penyerangan di kantor polisi.

"Orang-orang berlarian, ada yang menangis. Saya mendengar suara tembakan, sesaat kemudian saya melihat petugas yang menangis. Mereka panik," ujar Emery Siamandi, penerjemah yang kebetulan berada di gedung itu saat serangan terjadi.

Menteri Dalam Negeri Perancis Christophe Castaner, yang dijadwalkan berangkat untuk kunjungan ke Turki menunda perjalanannya dan segera menuju ke lokasi serangan.

Baca juga: Anggota ISIS Pelaku Serangan Paris 2015 Dapat Ganti Rugi Rp 7 Juta

Belum ada pernyataan resmi dari pihak kepolisian menyangkut aksi penyerangan yang terjadi di jantung ibu kota Perancis itu.

Menurut Jean-Marc Bailleul, pemimpin serikat polisi, insiden penyerangan itu lebih merupakan tindak kriminal dan bukan teror.

"Itu adalah momen kegilaan," kata Bailleul kepada BFM TV, dikutip Reuters.

Penyelidik mencurigai perselisihan di tempat kerja menjadi pemicu serangan, yang disebut paling mematikan terhadap polisi di Perancis dalam beberapa tahun terakhir.

Sementara menurut Christophe Crepin, pejabat polisi dan anggota kolektif "Police up in Anger" yang mengadvokasi kondisi yang lebih baik bagi para petugas polisi, penyerangan tersebut kemungkinan dipicu permasalahan pelaku dengan atasannya.

"Saya tahu ada ketegangan antara pelaku dengan penyelia langsungnya. Saya tidak berpikir itu adalah tindakan teroris," ujarnya dikutip stasiun radio, franceinfo.

Baca juga: Kedubes China di Paris Minta Warganya Hati-hati dengan Penjahat Cantik

Halaman:
Sumber Reuters,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com