Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja Australia Ditangkap Usai Tabrak dan Bunuh 20 Ekor Kanguru

Kompas.com - 02/10/2019, 19:19 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com - Seorang remaja Australia ditangkap setelah dituduh dengan sengaja menabrak hingga mati 20 ekor kanguru.

Disebutkan remaja itu menabrak 20 kanguru itu dengan truknya hanya dalam waktu satu jam.

Kanguru yang mati termasuk dua yang masih kecil. Bangkai hewan-hewan itu dibiarkan berserakan di jalanan di Pantai Tura, sekitar 450 kilometer arah selatan Sydney, pada Minggu (29/9/2019) pagi.

Menurut kelompok penyelamatan satwa liar, WIRES, tindakan remaja berusia 19 tahun itu juga telah menyebabkan tiga ekor anak kanguru kehilangan induknya.

Baca juga: Sedang Sesi Pemotretan, Para Model Bikini Dikejar Kanguru

Polisi Australia, pada Rabu (2/10/2019), mengatakan bahwa remaja pelaku kekejaman terhadap hewan itu telah ditangkap dan didakwa, pada Selasa kemarin.

Tindakan menabraki hewan-hewan berkantung itu disebut dilakukan menggunakan truk pada Sabtu malam akhir pekan lalu.

"Kami menangani insiden ini secara serius dan siapa pun yang terlihat dalam tindakan semacam ini akan menghadapi hukum secara penuh," kata kepala inspektur Bega Valley, Peter Volf.

Meski melihat bangkai kanguru yang mati di pinggir jalan sebenarnya bukan hal yang jarang di New South Wales, di mana sekitar 90 persen kecelakaan mobil disebabkan oleh tabrakan dengan hewan, namun skala tindakan dan sifat kesengajaan dalam insiden kali ini bahkan mengejutka penduduk setempat.

Baca juga: Bak Petarung, Tikus Kanguru Tendang Ular Tepat di Kepala

"Itu benar-benar pemandangan yang tidak menyenangkan. Polisi melihat banyak hal buruk, tetapi Anda bisa melihat mereka juga terkejut," ujar Rob Evans kepada ABC.

Sementara WIRES mengatakan insiden itu menjadi perhatian setelah polisi membawa anak kanguru berusia enam bulan yang kehilangan induknya akibat perbuatan pelaku.

Dua anak kanguru lain yang mengalami kasus serupa baru berusia sekitar sembilan bulan.

Kelompok itu mengaku merasa "ngeri" oleh tindakan kejam yang nyata" yang dilakukan remaja itu.

Kanguru abu-abu timur biasanya baru mulai keluar dari kantong induk mereka di usia sekitar sembilan bulan, tetapi tidak sepenuhnya mandiri sampai mereka mencapai usia 18 bulan.

Baca juga: Di Australia, Harry dan Meghan Disuguhi Daging Kanguru Bakar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com