Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2019, 17:26 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky News

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump disebut mengusulkan supaya migran yang berusaha masuk ke perbatasan ditembak di bagian kaki, berdasarkan buku yang hendak dirilis.

Dalam buku itu, juga terungkap dia menginginkan agar perbatasan dibuatkan parit yang diisi ular serta buaya, meminta agar pagarnya dialiri listrik, dan dipasangi duri yang bisa melukai kulit.

Buku berjudul Border Wars: Inside Trump's Assault On Immigration itu diterbitkan The New York Times, dan berisi gagasan Trump selama di Ruang Oval, dilaporkan Sky News Rabu (2/10/2019).

Baca juga: 30 Pekerja Migran Ilegal Diselamatkan Saat Akan Diselundupkan ke Malsysia

Dalam upayanya menangkal migran, Trump sempat mengancam bakal menutup perbatasan sepanjang 3.200 km dengan Meksiko Maret lalu.

Buku yang ditulis oleh jurnalis Michael D Shear dan Julie Hirschfield Davis mengungkapkan, Trump ingin agar penutupan itu terjadi siang keesokan harinya.

Namun para penasihatnya khawatir dampaknya adalah ada warga AS yang terperangkap di Meksiko, anak-anak di sekolah perbatasan terlantar, dan berdampak pada ekonomi negara.

"Kalian membuat saya seperti idiot! Saya yang menjalankannya. Ini adalah masalah saya," teriak Trump seperti yang terungkap dalam buku itu.

Dikatakan para penasihatnya, termasuk Menteri Keamanan Dalam Negeri Kirstjen Nielsen dan menantunya Jared Kushner, meninggalkan ruangan dalam keadaan panik.

Mereka kemudian mencoba membujuk kembali sang presiden untuk mengubah kebijakannya selama satu pekan penuh.

Trump lalu mencoba tetap pada keinginannya, menutup perbatasan. Dia memberi tahu kepala perlindungan perbatasan dan bea cukai Kevin McAleenan untuk berhenti menerima migran, dan bakal mengampuninya jika terkena masalah.

Setelah itu, dia menginstruksikan pasukan perbatasan dengan misi untuk membuat para migran "menjauh" dari pagar.

Namun, McAleenan menegaskan kepada bawahannya bahwa mereka tak punya wewenang menghentikan masuknya migran, dan meminta mereka untuk membangkang terhadap perintah Trump.

Sumber internal kemudian menerangkan, Trump sempat mengusulkan supaya para migran itu ditembak di bagian kaki untuk memperlambatnya, meski tindakan itu juga ilegal.

Presiden ke-45 AS itu juga mengusulkan agar pagar dipasangi kawat listrik yang "sanggup menghancurkan kulit", dan membuat parit berisi ular serta buaya.

Thomas D Homan, penjabat direktur Penegakan Imigrasi dan Bea Cukai mengatakan, Trump saat itu sangat frustrasi. "Saya pikir Presiden ingin dibenahi secepatnya," ujarnya.

Baca juga: Trump Sebut Usaha Pemakzulan Dirinya sebagai Kudeta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com