Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2019, 13:48 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber The Sun

SUSSEX, KOMPAS.com - Pangeran Harry mengungkapkan bahwa istrinya, Meghan, telah mengajukan tuntutan hukum kepada media yang mempublikasikan suratnya tanpa izin.

Dalam pernyataan panjang yang dipublikasikan di laman situs Duke and Duchess of Sussex, Harry menuduh pihak surat kabar Mail on Sunday telah secara tidak sah menerbitkan surat yang ditulis Meghan untuk ayahnya, Thomas Markle.

Dilansir The Sun, Meghan menegaskan bahwa surat itu, yang merinci rasa sakitnya di pengasingan mereka sejak pernikahan, bersifat pribadi.

Dalam sebuah pernyataan yang mengungkapkan langkah hukum yang telah diambil, Pangeran Harry mengklaim jika dirinya dan istrinya menderita dampak "menyakitkan" dari "propaganda tanpa henti" terhadap Meghan.

Baca juga: Meghan Markle Lepas Cincin Pertunangan Saat di Afsel, Ada Apa?

Harry mengungkapkan dirinya takut akan sejarah yang terulang, merujuk pada bagaimana pers selalu mengikuti ibunya, Putri Diana.

"Saya telah melihat apa yang terjadi ketika seseorang yang saya cintai mengalami komoditisasi hingga mereka tidak lagi diperlakukan atau dipandang sebagai orang yang sesungguhnya."

"Saya sudah kehilangan ibu saya dan sekarang saya menyaksikan istri saya menjadi korban kekuatan yang sama," tulis Harry.

Pernyataan yang dikeluarkan Pangeran Harry tampaknya telah melanggar protokol tidak resmi, dengan membahas masalah pribadi saat berada di tengah-tengah tur kerajaan.

Dalam pernyataannya, Pangeran Harry mengatakan bahwa dia dan Meghan percaya pada "kebebasan media dan laporan yang benar dan objektif" sebagai "landasan demokrasi".

Baca juga: Ikuti Jejak Putri Diana, Pangeran Harry Berjalan di Ladang Ranjau Angola

"Namun sayangnya, istri saya telah menjadi salah satu korban terkini dari pers tabloid Inggris yang melakukan kampanye terhadap orang-orang tanpa memikirkan konsekuensinya."

"Kampanye kejam yang telah meningkat selama setahun terakhir, sepanjang kehamilannya, hingga saat membesarkan putra kami yang baru lahir," kata Harry.

Pangeran Harry telah menunjuk firma hukum ternama di London, Harbottle & Lewis dan telah melayangkan keluhan resmi ke surat kabar tersebut atas namanya.

Pasangan itu juga mengklaim tidak bisa memperbaiki "kesalahan penyajian yang berkelanjutan" di media.

Harry juga mempertanyakan pemberitaan surat kabar yang positif selama pasangan itu melakukan tur ke Afrika Selatan.

Dia menyebut laporan positif media tentang dirinya dan Meghan selama tur resmi kerajaan telah menunjukkan "standar ganda" yang digunakan pers.

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Bawa Putra Mereka dalam Tur Resmi Keluarga ke Afrika Selatan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber The Sun
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com