Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenuh, Orangtua Ini Tinggalkan 2 Anak Mereka di Jalanan

Kompas.com - 01/10/2019, 17:55 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

ZAPOROZHYE, KOMPAS.com - Pasangan di kawasan selatan Ukraina menuai kecaman setelah membuang dua anak mereka di jalanan karena merasa jenuh.

Andrey (3) dan adiknya Maksim (2) hidup selama satu pekan hidup bersama gelandangan dan pemabuk di Zaporozhye setelah ditinggalkan orangtua mereka.

Dilansir Oddity Central Senin (30/9/2019), pasangan bernama Bozhena Synychka dan Volodymyr Zaitsev berdalih akan membeli makanan.

Baca juga: Para Orangtua Menangis Saat Jemput Anaknya yang Ditangkap di Polda Metro Jaya

Mereka dititipkan ke orang asing selama beberapa menit. Namun setelah itu, keduanya tidak muncul selama sepekan sebelum polisi datang.

Kepada awak media lokal, salah satu gelandang itu mengatakan, Synychka dan Zaitsev datang kepadanya untuk mengurus Andrey dan Maksim.

"Dua anak itu telanjang dan tak pakai sepatu. Keduanya beralasan akan ke toko. Namun setelah itu, mereka tak kembali," ujarnya.

Tahu bahwa orangtua dua anak itu sudah meninggalkan mereka, maka para gelandangan mulai membagi makanannya kepada mereka.

Mereka mengawasi Andrey dan Maksim untuk tak melukai diri mereka. Dua anak itu diketahui mengais sampah, hingga minum dari sungai.

Keduanya diselamatkan setelah Olena Tashevska, seorang pengguna jalan, tengah menyusuri Sungai Dnieper untuk mencari tempat berjemur.

Dia terkejut saat melihat ada dua bocah telanjang tengah bermain di sekitar sungai, dan segera memberitahukannya kepada polisi.

Begitu dibawa ke rumah sakit, dokter menyatakan dua kakak beradik itu terkena infeksi virus dan kekurangan gizi. Mereka begitu lemah.

Namun, mereka masih ingat nama dan umur mereka. Yang menarik, mereka sama sekali tak mengungkkit orangtua mereka selama dirawat.

Penegak hukum yang melakukan penyelidikan akhirnya berhasil melacak Synychka dan Zaitsev yang diketahui bekerja sebagai pengepul besi.

Saat ditanyakan apa yang menjadi motif keduanya meninggalkan dua anaknya begitu saja di jalanan, mereka mengaku jenuh dan ingin beristirahat.

Penyelidikan pun digelar dengan pasangan itu terancam mendekam lima tahun karena sudah lalai menjalankan tugas sebagai orangtua.

Adapun Maksim dan Andrey dibawa ke panti asuhan setempat sembari menunggu status mereka berdasarkan keputusan pengadilan.

Baca juga: Empat Cara Orangtua Pastikan Keamanan Remaja di Instagram

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com